ANALISIS USABILITY MENGGUNAKAN METODE JAKOB NIELSEN DENGAN DUA APLIKASI E-COMMERCE JD.ID DAN TOKOPEDIA

MAULANA - 185610017, MOHAMAD IRKHAM (2023) ANALISIS USABILITY MENGGUNAKAN METODE JAKOB NIELSEN DENGAN DUA APLIKASI E-COMMERCE JD.ID DAN TOKOPEDIA. Skripsi thesis, Universitas Teknologi Digital Indonesia.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1_185610017_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version

Download (454kB)
[img] Text (BAB I)
2_185610017_BAB_I.pdf - Published Version

Download (27kB)
[img] Text (BAB II)
3_185610017_BAB_II.pdf - Published Version

Download (308kB)
[img] Text (BAB III)
4_185610017_BAB_III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
5_185610017_BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
6_185610017_BAB_V.pdf - Published Version

Download (10kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_185610017_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (219kB)
[img] Text (CARA MENJALANKAN PROGRAM)
8_185610017_CARA_MENJALANKAN_PROGRAM.pdf - Published Version

Download (434kB)
[img] Text (LISTING PROGRAM)
9_185610017_LISTING_PROGRAM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

PT Tokopedia merupakan perusahaan perdagangan elektronik atau sering disebut toko daring. Sejak didirikan pada tahun 2009, Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara. Pada 17 Mei 2021, Tokopedia dan Gojek mengumumkan resmi merger dan membentuk Grup GoTo.Nama GoTo sendiri berasal dari singkatan Gojek dan Tokopedia dan juga berasal dari kata gotongroyong. JD.ID merupakan salah satu e-commerce yang ada di Indonesia yang dimiliki oleh PT. Ritel Bersama Nasional, JD.ID berawal dari kongsi antara Jingdong (JD.com) di Beijing, China dengan Provident Capital di Indonesia (Pratama, 2017). JD.com pada awalnya bernama 360buy yang didirikan oleh Richard Liu di 1998, alasan utama pendiriannya untuk berfokus di bidang teknologi serta berfokus kepada direct selling. Dasar kuesioner yang digunakan diambil menggunakan 5 indikator dari teori Jacob Nielsen yaitu Learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction. untuk mengetahui tingkat usability pada aplikasi Tokopedia dan JD.ID, Responden akan menjawab 25 pertanyaan dengan menggunakan skala likert dan kemudian hasilnya akan diolah menggunakan perhitungan persentase dan dibantu oleh software SPSS. dan dianalisis untuk diambil kesimpulan, serta digunakan sebagai bahan evaluasi oleh pihak terkait. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa dari lima kriteria Usability menyatakan aplikasi Tokopedia dan JD.ID tergolong baik dengan perolehan rata-rata keseluruhan skor pada aplikasi Tokopedia memiliki 3,54% dan pada aplikasi JD.ID memiliki rata-rata keseluruhan skor 3,24%. Sementara nilai masing-masing kriteria pada aplikasi Tokopedia yaitu kriteria Learnability sebesar 3,76, kriteria Efficiency sebesar 3,64, kriteria Memorability sebesar 3,54, kriteria Errors sebesar 4,10, kriteria Satisfaction sebesar 3,68. Serta pada aplikasi JD.ID kriteria Learnability sebesar 3,41, kriteria Efficiency sebesar 3,30, kriteria Memorability sebesar 3,35, kriteria Errors sebesar 2,77, kriteria Satisfaction sebesar 3,36. Kata Kunci: direct selling, e-commerce,Tokopedia, Teori Jakob Nielsen,Usability,unicorn

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Emy Susanti, S.Kom., M.Cs
Uncontrolled Keywords: direct selling, e-commerce,Tokopedia, Teori Jakob Nielsen,Usability,unicorn
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Analisis Sistem > Analisis User Interface
Divisions: Jenjang S1 > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Titis Pratiwi
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:23
Last Modified: 07 Feb 2023 02:23
URI: http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/9820

Actions (login required)

View Item View Item