PERANCANGAN ANTARMUKA UI/UX PADA VIZEN CRAFT BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (Studi Kasus: Vizen Craft Bantul, Yogyakarta)

Fitantra, Rama (2025) PERANCANGAN ANTARMUKA UI/UX PADA VIZEN CRAFT BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (Studi Kasus: Vizen Craft Bantul, Yogyakarta). Skripsi thesis, UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA.

[img] Text
1_205410062_HALAMAN_DEPAN. Pdf..pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text
2_205410062_BAB_I.pdf - Published Version

Download (149kB)
[img] Text
3_205410062_BAB_II.pdf - Published Version

Download (441kB)
[img] Text
4_205410062_BAB_III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
5_205410062_BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)
[img] Text
6_205410062_BAB_V.pdf - Published Version

Download (10kB)
[img] Text
7_205410062_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (136kB)
[img] Text
8_205410062_LAMPIRAN.PDF - Published Version

Download (916kB)

Abstract

Vizen Craft merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang penjualan khususnya suvenir yang berdiri dari tahun 2012 di Yogyakarta. Meski sudah berdiri dari tahun 2012 Vizen Craft masih belum memanfaatkan teknologi internet dalam menjalankan bisnisnya. Hal ini menyebabkan keterbatasan jangkauan pasar, informasi produk, dan efisiensi waktu. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) pada website toko online Vizen Craft menggunakan metode Design Thinking sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pengguna. Penelitian ini melibatkan pendekatan terhadap pemilik Vizen Craft dan 12 pelanggan Vizen Craft. Pendekatan dilakukan melalui metode wawancara, observasi, dan kuesioner yang dimana hasil dari pendekatan ini akan menjadi dasar utama dalam perancangan UI/UX website toko online Vizen Craft. Perancangan ini diharapkan dapat memudahkan pengguna dalam mencari dan memilih produk suvenir, serta diharapkan dapat memberikan solusi terbaik terhadap pemilik Vizen Craft dalam mengembangkan bisnisnya. Perancangan ini menggunakan metode Design Thinking yang terdiri dari tahapan Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Pengujian dilakukan menggunakan metode Usability Testing menggunakan tools Maze. Hasil pengujian rancangan desain website toko online Vizen Craft menghasilkan Skor System Usability Scale (SUS) sebesar 86,875 menunjukkan bahwa perancangan yang dibuat masuk kedalam kategori Acceptable dengan tingkat kepuasan yang tinggi mencapai 83,33 % dalam perhitungan Net Promoter Score (NPS). Kata Kunci : Design Thinking, Toko Online, Usability Testing, UI/UX, Website

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Erna Hudianti Pujiarini
Uncontrolled Keywords: Design Thinking, Toko Online, Usability Testing, UI/UX, Website
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Internet
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi > Program Aplikasi Berbasis WEB
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support Systems)
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > User Interface
Divisions: Jenjang S1 > Informatika (S1)
Depositing User: Mr. Andi Setyanto
Date Deposited: 15 Jan 2025 02:01
Last Modified: 15 Jan 2025 02:01
URI: http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10624

Actions (login required)

View Item View Item