F., SENTH (2024) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA EMIS DENGAN METODE WEBQUAL PADA MADRASAH SE KABUPATEN ALOR. Skripsi thesis, Universitas Teknologi Digital Indonesia.
Text (HALAMAN DEPAN)
1_205610050_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version Download (856kB) |
|
Text (BAB I)
2_205610050_BAB_I.pdf - Published Version Download (123kB) |
|
Text (BAB II)
3_205610050_BAB_II.pdf - Published Version Download (318kB) |
|
Text (BAB III)
4_205610050_BAB_III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (313kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
5_205610050_BAB_IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
6_205610050_BAB_V.pdf - Published Version Download (114kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_205610050_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version Download (113kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
8_205610050_LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Pada Madrasah di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur telah menerapkan Education Management Information System (EMIS) sebagai bagian dari sistem informasi manajemen pendidikan mereka. Banyaknya sekolah madrasah yang menggunakan EMIS masih ada kendala berupa penginputan data dimana validasi data dari suatu sekolah ke sekolah lainnya membutuhkan waktu yang cukup lama. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui tingkat kepuasan pengguna EMIS pada Madrasah di Kabupaten Alor. Penelitian ini menggunakan metode WebQual yang terdiri dari 3 variabel independen yaitu, Usability, Information Quality, Interaction Quality dan 1 variabel dependen User Satisfaction. WebQual sangat sesuai untuk penelitian ini karena kemampuannya dalam menilai tingkat kepuasan pengguna terhadap sebuah situs web. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner, yang ditujukan kepada pengguna EMIS kemudian dianalisis menggunakan aplikasi SPSS. Proses analisis melibatkan 40 responden yang merupakan pengguna EMIS di Madrasah Kabupaten Alor. Data yang dikumpulkan kemudian diproses dengan menguji validitas, reliabilitas, dan hipotesis selanjutnya dilakukan analisis deskriptif statistik untuk mengetahui persentase sejauh mana pengguna merasa puas dengan layanan EMIS. Hasil perolehan uji F yang terdiri dari variabel independen Usability, Information Quality, Interaction Quality memberikan pengaruh secara secara simultan terhadap variabel dependen User Satisfaction pengguna EMIS. Hasil perolehan uji T bisa dilihat bahwa hanya variabel independen Interaction Quality yang mempengaruhi secara parsial terhadap variabel dependen User Satisfaction pengguna EMIS. Kemudian hasil persentase pada Variabel usability sebesar 87,25%, variabel Information Quality sebesar 88,87% variabel Interaction Quality sebesar 85,87% dan variabel User Satisfaction sebesar 86,25%. Dari hasil tersebut rata – rata pengguna merasa sudah puas. Kata kunci : Analisis, Usability, Information Quality, Interaction Quality User Satisfaction, Pengguna EMIS.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Rikie Kartadie S.T., M. Kom. |
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Usability, Information Quality, Interaction Quality User Satisfaction, Pengguna EMIS. |
Subjects: | A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Analisis Sistem |
Divisions: | Jenjang S1 > Sistem Informasi (S1) |
Depositing User: | Titis Pratiwi |
Date Deposited: | 14 Okt 2024 07:42 |
Last Modified: | 14 Okt 2024 07:42 |
URI: | http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10603 |
Actions (login required)
View Item |