PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK YAPEK GOMBONG

WALUYO, TRI MUJI (2024) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK YAPEK GOMBONG. Masters thesis, Universitas Teknologi Digital Indonesia.

[img] Text (HALMAN DEPAN)
22.1007.0060.TSD.02_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version

Download (594kB)
[img] Text (BAB I)
22.1007.0060.TSD.02_BAB_I.pdf - Published Version

Download (125kB)
[img] Text (BAB II)
22.1007.0060.TSD.02_BAB_II.pdf - Published Version

Download (141kB)
[img] Text (BAB III)
22.1007.0060.TSD.02_BAB_III.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text (BAB IV)
22.1007.0060.TSD.02_BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text (BAB V)
22.1007.0060.TSD.02_BAB_V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text (BAB VI)
22.1007.0060.TSD.02_BAB_VI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VII)
22.1007.0060.TSD.02_BAB_VII.pdf - Published Version

Download (7kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
22.1007.0060.TSD.02_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (124kB)

Abstract

Masalah pendidikan dan pengajaran merupakan masalah yang cukup kompleks dimana banyak faktor yang ikut mempengaruhi. Guru merupakan faktor komponen pendidikan dan pengajaran yang memegang peranan penting dan utama. Keberhasilan proses pembelajaran sangat ditentukan oleh seorang guru. Tugas guru adalah menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik melalui intraksi komunikasi dengan menggunakan buku-buku paket dan media dalam proses pembelajaran yang dilakukannya. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif dan beberapa teknik pengumpulan data. Penelitian deskriptif merupakan suatu metode penelitian yang dimanfaatkan untuk menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, yang berlangsung pada saat ini atau saat yang lampau. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan studi pustaka.Penelitian ini menghasilkan sistem untuk mempermudah guru dan siswa dalam melakukan pembelajaran tanpa harus tatap muka secara langsung. Metode pembangunan sistem ini menggunakan metode waterfall (Air Terjun). Metode ini dilakukan dengan pendekatan yang sistematis, mulai dari tahap kebutuhan sistem lalu menuju ke tahap analisis, desain, coding, testing/verification. Pengujian sistem dilakukan dengan cara membuat pertanyaan terkait dengan sistem yang dibangun, untuk melakukan pengujian sistem dibagikan sebuah kuisoner kepada calon pengguna sistem. Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui dan menilai apakah sistem tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan atau belum. Pada pengujian sistem elearning tersebut mendapatkan nilai 74% atau masuk kategori puas. Sistem sudah disediakan materi untuk melihat dan mendownload dokumen sesuai mata pelajaran yang di upload oleh guru mata pelajaran. memudahkan para guru untuk dapat mendistribusikan materi pelajaran dan tugas serta pengumuman. diberikannya waktu pengerjaan tugas untuk dapat mengontrol tugas yang diberikan. Adanya tugas pelatihan bagi siswa dalam pembelajaran yang akan meningkatkan pemahaman siswa tentang materi tersebut. Kata Kunci : Media, minat belajar dan teknologi informasi

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. L.N. Harnaningrum, S.Si., M.T
Uncontrolled Keywords: Media, minat belajar dan teknologi informasi
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > E-Learning
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Teknologi Informasi
Divisions: Jenjang S2 > Teknologi Informasi (S2)
Depositing User: Titis Pratiwi
Date Deposited: 02 Okt 2024 02:29
Last Modified: 02 Okt 2024 02:29
URI: http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10524

Actions (login required)

View Item View Item