PERANCANGAN UI/UX APLIKASI THE LEARNING FARM MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

RAMADHANI, DIKA YUDA - 213310013 (2024) PERANCANGAN UI/UX APLIKASI THE LEARNING FARM MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Diploma thesis, Universitas Teknologi Digital Indonesia.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1_213310013_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version

Download (600kB)
[img] Text (BAB I)
2_213310013_BAB_I.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (BAB II)
3_213310013_BAB_II.pdf - Published Version

Download (305kB)
[img] Text (BAB III)
4_213310013_BAB_III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
5_213310013_BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
6_213310013_BAB_V.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_213310013_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (150kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8_213310013_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (861kB)

Abstract

Pertanian adalah sector penting dalam perekonomian negara, dimana petani berperan dalam memproduksi bahan pangan yang dibutuhkan masyarakat. Namun, mereka menghadapi berbagai masalah iklim, teknologi yang kurang efektif, dan kurangnya akses informasi yang akurat. Untuk membantu mengatasi masalah ini, diperlukan Aplikasi yang bisa membantu petani. The Learning Farm adalah organisasi yang didirikan pada tahun 2005 untuk memberdayakan pemuda Indonesia dengan mendidik mereka agar menjadi pengusaha petani yang percaya diri, ulet dan trampil. Proyek Akhir yang telah diselesaikan bertujuan sebagai solusi permasalahan yang dialami petani terutama pada generasi muda untuk memenuhi kebutuhan informasi dalam sector pertanian. Dalam Perancangan UI/UX Aplikasi The Learning Farm menggunakan metode Design Thinking, terdapat lima tahapan, antara lain Emphatize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Tahapan-tahapan dalam metode Design Thinking selalu berhubungan dengan pengguna. Mulai dari tahap Emphatize hingga tahap Test, hampir semua tahapan melibatkan pengguna. Tujuannya adalah menemukan solusi terbaik dari permasalahan yang dihadapi oleh pengguna. Berdasarkan hasil pengujian yang diperoleh dari tampilan Aplikasi The Learning Farm, dapat disimpulkan bahwa desain tampilan rancangan sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Kata Kunci: Design Thinking, Pertanian, The Learning Farm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing: Totok Budioko, S.T., M.T.
Uncontrolled Keywords: Design Thinking, Pertanian, The Learning Farm.
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > User Interface
Divisions: Jenjang D3 > Teknologi Komputer (D3)
Depositing User: Titis Pratiwi
Date Deposited: 19 Sep 2024 07:27
Last Modified: 19 Sep 2024 07:27
URI: http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10465

Actions (login required)

View Item View Item