PRAMANA, ANDIKA AGUNG - 175410080 (2024) IMPLEMENTASI E-COMMERS BISNIS TO CUSTOMER (B2C) PADA PEMESANAN WEDDING ORGANIZER BERBASIS WEB (STUDI KASUS EMI SALON BENGKULU). Skripsi thesis, Universitas Teknologi Digital Indonesia.
Text (HALAMAN DEPAN)
1_175410080_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
2_175410080_BAB_1.pdf - Published Version Download (189kB) |
|
Text (BAB II)
3_175410080_BAB_2.pdf - Published Version Download (404kB) |
|
Text (BAB III)
4_175410080_BAB_3.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (435kB) |
|
Text (BAB IV)
5_175410080_BAB_4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (577kB) |
|
Text (BAB V)
6_175410080_BAB_5.pdf - Published Version Download (183kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_175410080_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version Download (392kB) |
|
Text (CARA MENJALANKAN PROGRAM)
8_175410080_CARA_MENJALANKAN_PROGRAM.pdf - Published Version Download (528kB) |
|
Text (LISTING PROGRAM)
9_175410080_LISTING_PROGRAM.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (391kB) |
Abstract
Kemajuan teknologi informasi telah mendorong pengembangan website sebagai media promosi bagi penyedia jasa, termasuk Wedding Organizer (WO). E-commerce, khususnya model Business to Consumer (B2C), memfasilitasi transaksi langsung antara bisnis dan konsumen. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem e-commerce berbasis web untuk WO dengan informasi lengkap tentang paket pernikahan, harga, serta fasilitas pemesanan online. Sistem ini dirancang menggunakan framework Laravel dan menyimpan data transaksi pada database MySQL. Calon customer dapat melihat portofolio hasil resepsi dan memesan paket tanpa harus datang ke kantor WO. Ruang lingkup penelitian mencakup pengelolaan akses pengguna dan admin, serta pengembangan fitur yang memudahkan transaksi dan pengelolaan data oleh Emi Salon Bengkulu. Metode penelitian mencakup pengumpulan dan analisis data untuk mengembangkan sistem e-commerce berbasis web bagi layanan WO. Data yang dikumpulkan meliputi informasi pengguna, pemesanan, paket wedding, paket wedding foto, dan admin, yang diperoleh melalui studi literatur dan dokumentasi dari Emi Salon Bengkulu. Sistem ini dirancang dengan arsitektur yang memungkinkan pengguna login, melihat paket wedding, memesan layanan, dan melakukan pembayaran online, sementara admin mengelola data pengguna, paket, dan pemesanan. Proses utama digambarkan dengan Diagram Alir Data (DAD), dan database dirancang dengan skema relasional untuk memastikan integritas dan konsistensi data. Penelitian ini berhasil mengimplementasikan e-commerce Business to Customer (B2C) pada pemesanan wedding organizer berbasis web yang menggunakan Laravel. Sistem ini memiliki fitur manajemen produk, pemesanan, dan pembayaran. Sistem ini membantu proses Business to Customer dalam melakukan pemesanan wedding organizer. Kata Kunci: Wedding Organizer (WO), E-commerce, Business to Consumer (B2C), Framework Laravel, Website, Pemesanan Online
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | PEMBIMBING: Cuk Subiyantoro, S.Kom., M.Kom. |
Uncontrolled Keywords: | Wedding Organizer (WO), E-commerce, Business to Consumer (B2C), Framework Laravel, Website, Pemesanan Online |
Subjects: | A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > E-commerce A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Bahasa Pemrograman > PHP > Framework Laravel |
Divisions: | Jenjang S1 > Informatika (S1) |
Depositing User: | Titis Pratiwi |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 03:35 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 03:35 |
URI: | http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10391 |
Actions (login required)
View Item |