ANALISIS USABILITY PADA APLIKASI BRIMO DENGAN MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ)

Sabaar, Al Amin Syahbudin - 185410009 (2024) ANALISIS USABILITY PADA APLIKASI BRIMO DENGAN MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA.

[img] Text
185410009_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
185410009_BAB_I.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
185410009_BAB_II.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
185410009_BAB_III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
185410009_BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
185410009_BAB_V.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
185410009_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
185410009_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Mobile banking sebagai inovasi baru perbankan bertujuan untuk dapat meningkatkan kualitas layanan dan memberikan kemudahan kepada nasabah yang ingin bertransaksi tanpa harus datang ke bank atau tanpa melalui ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Di sisi lain, penggunaan aplikasi oleh masyarakat perlu untuk selalu ditingkatkan kemudahan dan kenyamanannya. Pengaruh kemudahan dan kenyamanan pengguna yang terhadap sebuah aplikasi dapat dilihat pada tingkat Usability (kegunaan). Usability merupakan aspek penting dalam aplikasi, secara umum usability sejauh mana tingkat kemudahan antarmuka aplikasi ketika digunakan oleh pengguna Tujuan penelitian ini adalah untuk mengalisis kualitas pengguna dalam menggunakan aplikasi BRImo dengan menggunakan metode UEQ. User Experience Questionnaire (UEQ) digunakan untuk mengumpulkan data kuantitatif tentang kesan pengguna mengenai kepuasan dalam mengunakan suatu produk atau aplikasi menggunakan kuesioner. Metode parameter meliputi (1) Daya tarik (Attrativeness), (2) Kejelasan (Perspiciuity), (3) Efesiensi (Effeciency), (4) Ketetapan (Dependability), (5) Stimulasi (Stimulation), (6) Kebaruan (Novelty) menggunakan metode User Exprince Questionnaire (UEQ), menggunakan Teknik sampling random dengan menargetkan minimal 30 responden. Berdasarkan hasil pengolahan data dari 35 responden aplikasi BRImo mendapatkan hasil below average (di bawah rata-rata) pada aspek attractiveness, perspicuity, efficiency, stimulation dan novelty. Sedangkan aspek dependability mendapatkan nilai buruk (bad). Kata kunci :Brimo, Mobile banking, User experience, User Experience Questionnaire

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Agung Budi Prasetyo, S.Kom., M.Kom
Uncontrolled Keywords: Brimo, Mobile banking, User experience, User Experience Questionnaire
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Analisis Sistem
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > User Interface
Divisions: Jenjang S1 > Informatika (S1)
Depositing User: Mr. Andi Setyanto
Date Deposited: 26 Mar 2024 03:49
Last Modified: 26 Mar 2024 03:49
URI: http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10316

Actions (login required)

View Item View Item