Sabaar, Al Amin Syahbudin - 185410009 (2024) ANALISIS USABILITY PADA APLIKASI BRIMO DENGAN MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA.
Text
185410009_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
185410009_BAB_I.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
185410009_BAB_II.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
185410009_BAB_III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
185410009_BAB_IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
185410009_BAB_V.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
185410009_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
185410009_LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (3MB) |
Abstract
Mobile banking sebagai inovasi baru perbankan bertujuan untuk dapat meningkatkan kualitas layanan dan memberikan kemudahan kepada nasabah yang ingin bertransaksi tanpa harus datang ke bank atau tanpa melalui ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Di sisi lain, penggunaan aplikasi oleh masyarakat perlu untuk selalu ditingkatkan kemudahan dan kenyamanannya. Pengaruh kemudahan dan kenyamanan pengguna yang terhadap sebuah aplikasi dapat dilihat pada tingkat Usability (kegunaan). Usability merupakan aspek penting dalam aplikasi, secara umum usability sejauh mana tingkat kemudahan antarmuka aplikasi ketika digunakan oleh pengguna Tujuan penelitian ini adalah untuk mengalisis kualitas pengguna dalam menggunakan aplikasi BRImo dengan menggunakan metode UEQ. User Experience Questionnaire (UEQ) digunakan untuk mengumpulkan data kuantitatif tentang kesan pengguna mengenai kepuasan dalam mengunakan suatu produk atau aplikasi menggunakan kuesioner. Metode parameter meliputi (1) Daya tarik (Attrativeness), (2) Kejelasan (Perspiciuity), (3) Efesiensi (Effeciency), (4) Ketetapan (Dependability), (5) Stimulasi (Stimulation), (6) Kebaruan (Novelty) menggunakan metode User Exprince Questionnaire (UEQ), menggunakan Teknik sampling random dengan menargetkan minimal 30 responden. Berdasarkan hasil pengolahan data dari 35 responden aplikasi BRImo mendapatkan hasil below average (di bawah rata-rata) pada aspek attractiveness, perspicuity, efficiency, stimulation dan novelty. Sedangkan aspek dependability mendapatkan nilai buruk (bad). Kata kunci :Brimo, Mobile banking, User experience, User Experience Questionnaire
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Agung Budi Prasetyo, S.Kom., M.Kom |
Uncontrolled Keywords: | Brimo, Mobile banking, User experience, User Experience Questionnaire |
Subjects: | A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Analisis Sistem A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > User Interface |
Divisions: | Jenjang S1 > Informatika (S1) |
Depositing User: | Mr. Andi Setyanto |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 03:49 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 03:49 |
URI: | http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10316 |
Actions (login required)
View Item |