EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA SIAKAD UTDI PADA MENU KRS DENGAN MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ)

Syahrur, Muhammad (2023) EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA SIAKAD UTDI PADA MENU KRS DENGAN MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1_195610050_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version

Download (395kB)
[img] Text
2_195610050_BAB_I.pdf - Published Version

Download (370kB)
[img] Text
3_195610050_BAB_II.pdf - Published Version

Download (833kB)
[img] Text
4_195610050_BAB_III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
5_195610050_BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img] Text
6_195610050_BAB_V.pdf - Published Version

Download (52kB)
[img] Text
7_195610050_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (189kB)
[img] Text
8_195610050_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (672kB)

Abstract

SIAKAD UTDI adalah sistem informasi akademik yang ditujukan bagi dosen dan mahasiswa, untuk input nilai dan dipergunakan untuk proses pengisian kartu rencana studi (KRS), kartu hasil studi (KHS), dan melihat nilai indeks prestasi semester IPS atau IPK indeks prestasi kumulatif. (KRS), digunakan untuk mengelola kartu rencana studi mahasiswa seperti menambahkan data rencana studi, menghapus data rencana studi dan mencetak kartu rencana studi. Berdasarkan hasil penelitian oleh (Hera Wasiati & Sudarmanto, 2017) SIAKAD UTDI kerap kali terjadi terjadi gangguan Seperti indikator jaringan yang masih mendapatkan persepsi buruk dari mahasiswa , kemudian Persepsi buruk responden mengenai sub dimensi kebaruan, dikarenakan penanganan perubahan data akademik pada SIAKAD terkesan lama dan berbelit-belit. Pada penelitian ini akan dilakukan evaluasi pengalaman pengguna (User Experience) menggunakan metode UEQ User experience Questionnaire yang bertujuan untuk mengukur pengalaman pengguna SIAKAD UTDI menu KRS secara cepat dan langsung agar mengetahui aspek-aspek yang dibutuhkan untuk dilakukan perbaikan. Data dikumpulkan menggunakan Kuesioner, responden yang didapat sebanyak 31 responden, dan data di analisis menggunakan Software SPSS dan UEQ analysis Tools Penelitian ini terdiri dari 6 skala penilaian , yaitu: Attractiveness, Perspicuity, Efficiency, Dependability, Stimulation, dan Novelty. Penelitian ini mendapatkan hasil kesimpulan SIAKAD menu KRS mendapatkan nilai evaluasi Netral pada aspek attractiveness (mean 0,50), kemudian variabel perspicuity (mean 1,15), efficiency ( mean 0,97) mendapatkan nilai Positif, dan dependability (mean -0,12) ,stimulation (mean 0,38) novelty (mean -0,07) mendapatkan nilai negatif. Kata kunci : Menu KRS, SIAKAD UTDI, UEQ Data Analysis Tool, Pengalaman pengguna

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Pius Dian Widi Anggoro, S.Si, M.Cs
Uncontrolled Keywords: Menu KRS, SIAKAD UTDI, UEQ Data Analysis Tool, Pengalaman pengguna
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Analisis Sistem
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Analisis Sistem > Analisis User Interface
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Enkripsi Data
Divisions: Jenjang S1 > Informatika (S1)
Depositing User: Mr. Andi Setyanto
Date Deposited: 02 Nov 2023 07:36
Last Modified: 14 Des 2023 07:36
URI: http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10148

Actions (login required)

View Item View Item