ANALISIS KEPUASAAN PENGGUNA TERHADAP LAYANAN BELANJA ONLINE APLIKASI SHOPEE DI YOGYAKARTA DENGAN METODE PIECES

Hambut, Yulianus Maryanto (2023) ANALISIS KEPUASAAN PENGGUNA TERHADAP LAYANAN BELANJA ONLINE APLIKASI SHOPEE DI YOGYAKARTA DENGAN METODE PIECES. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA.

[img] Text
1_185610044_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version

Download (301kB)
[img] Text
2_185610044_BAB_I.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text
3_185610044_BAB_II.pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text
4_185610044_BAB_III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] Text
5_185610044_BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
6_185610044_BAB_V.pdf - Published Version

Download (12kB)
[img] Text
7_185610044_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (128kB)
[img] Text
8_185610044_LAMPIRAN PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (943kB)
[img] Text
9_185610044_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (226kB)

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi yang begitu pesat , juga mempengaruhi gaya belanja setiap masyarakat itu sendiri yang dari dulunya belanja barang atau kebutuhan langsung datang ke toko, sekarang bisa melakukan pembelian secara online, salah satunya dengan belanja menggunakan E-Commerce Shopee. Aplikasi shoppe sendiri merupakan aplikasi E-Commerce dengan jumlah pengujung terbesar ke dua di Indonesia setelah Tokopedia. Maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti tentang kepuasaan pengguna terhadap layanan aplikasi shoppe khususnya untuk pengguna di Yogyakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ialah para pengguna aplikasi shoppe aktif yang berada di Yogyakarta. Dalam penelitian ini terdapat 18 item pertanyaan, maka ukuran sampel yang dibutuhkan minimal sejumlah 18 x 10 180 sampel. Sehingga nanti akhirnya sampel yang digunakan ialah 180 orang. Berdasarkan hasil seluruh rekapitulasi variabel PIECES diatas, seluruh variabelnya yang terdiri dari Performance, Information, Economics, Control and Security, Efficiency dan Service semua berada pada kategori Puas, artinya Aplikasi Shopee pada fitur belanja online berperan baik dalam meningkatkan kualitas pelayanan sehingga memberikan rasa puas dan respon positif ke pelanggan/pengguna. 1. Berdasrkan hasil dari korelasi antara variabel satu dengan variabel yang lainnya di katakana memiliki korelasi antara satu dengan yang lainnya. 2. Hasil dari keseluruhan Analisa data menujukan bahwa variabel PIECES mendapatkan kategori puas sehingga dapat kita simpulkan bawha aplikasi shopee pada fitur belanja online berperan bagus dalam meningkatkan kualitas pelayanan serta memberikan hasil yang puas kepada pengguna belanja online aplikasi shopee 3. Berdasarkan hasil dari penelitian menngunakan metode PIECES di dapatkan hasil dari setiap variabel yaitu Variabel Performance 3,48, Variabel Information 3,89, Variabel Ekonomics 3,42, Variabel Control and Security 3,98, Variabel Efficiency 3,79, Variabel Service 3,64. Kata kunci: Shopee, Kepuasaan Pelanggan, PIECES

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Totok Suprawoto, IR., M.M,. M.T
Uncontrolled Keywords: Shopee, Kepuasaan Pelanggan, PIECES
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Analisis Sistem
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Internet
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi
Divisions: Jenjang S1 > Informatika (S1)
Depositing User: Mr. Andi Setyanto
Date Deposited: 07 Mar 2023 05:57
Last Modified: 07 Mar 2023 05:57
URI: http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/9867

Actions (login required)

View Item View Item