ANALISIS PENGARUH KUALITAS WEBSITE TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA BERDASARKAN METODE WEBQUAL 4.0 PADA WEBSITE SMA MUHAMMDIYAH 1 YOGYAKARTA

HAEKAL, ALLIEF AULIA (2022) ANALISIS PENGARUH KUALITAS WEBSITE TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA BERDASARKAN METODE WEBQUAL 4.0 PADA WEBSITE SMA MUHAMMDIYAH 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Teknologi Digital Indonesia.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1_185610095_Halaman_Depan - Alief Haekal.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
2_185610095_Bab I - Alief Haekal.pdf - Published Version

Download (743kB)
[img] Text (BAB II)
3_185610095_Bab II - Alief Haekal.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
4_185610095_Bab III - Alief Haekal.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (827kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
5_185610095_Bab IV - Alief Haekal.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
6_185610095_Bab V - Alief Haekal.pdf - Published Version

Download (306kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_185610095_Daftar Pustaka - Alief Haekal.pdf - Published Version

Download (369kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8_Lampiran Surat Keterangan Persetujuan Publikasi - Alief Haekal.pdf - Published Version

Download (129kB)

Abstract

Kualitas website harus diperhatikan dalam sebuah lembaga maupun institusi karena. Untuk itu, diperlukan pengukuran kualitas website untuk mengetahui kualitas website dari pandangan para pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kepuasan pengguna website SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta menggunakan metode WebQual 4.0 yang terdiri dari 3 variabel yaitu Usability, Information Quality, Service Interaction terhadap User Satisfaction (Kepuasan Pengguna). Penelitian ini menggunakan sampel responden siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta serta media pengumpulan data yaitu kuisioner online. Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Regresi Linier Berganda, Uji T, Uji F, dan Analisis Deskriptif dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: [1] Uji validitas variabel kegunaan informasi (X1), kualitas informasi (X2), layanan interaksi (X3) dinyatakan valid. [2] Hasil uji reliabilitas semua variabel dinyatakan reliabel. [3] Hasil uji T menunjukkan bahwa semua variabel diterima dan memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna. [4] Hasil uji F menunjukkan bahwa semua variabel terdapat pengaruh secara simultan terhadap kepuasan pengguna. [5] Hasil analisis regresi linier berganda Koefisien regresi variabel kegunaan informasi (X1) sebesar 0.256, koefisien regresi variabel kualitas informasi (X2) sebesar 0.311, koefisien regresi variabel layanan interaksi (X3) sebesar 0.340. Artinya, jika terdapat peningkatan 1% dari masing-masing variabel, maka akan terjadi pula peningkatan kepuasan pengguna sebesar nilai koefisien regresi variabel. [6] Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa variabel layanan interaksi (X3) memiliki persentase terbesar 56% sangat baik dan persentase terkecil 0% sangat tidak baik. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa variabel kepuasan pengguna (Y) memiliki persentase terbesar 49% dan persentase terkecil sebesar 0% sangat tidak baik Kata Kunci : Kualitas Informasi, Kualitas Kegunaan, Kualitas Layanan Interaksi, Kepuasan Pengguna, Kualitas Website, Webqual 4.0

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Pulut Suryati, S.Kom., M.Cs.
Uncontrolled Keywords: Kualitas Informasi, Kualitas Kegunaan, Kualitas Layanan Interaksi, Kepuasan Pengguna, Kualitas Website, Webqual 4.0
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Analisis Sistem
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi > Program Aplikasi Berbasis WEB
Divisions: Jenjang Strata Satu > Sistem Informasi (Information System)
Depositing User: Titis Pratiwi
Date Deposited: 24 Jun 2022 04:01
Last Modified: 24 Jun 2022 04:01
URI: http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/9675

Actions (login required)

View Item View Item