MAHALLUDDIN, HARIONO - 165410021 (2023) ANALISIS USABILITY DENGAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ) PADA APLIKASI J&T EXPRESS (STUDI KASUS : JET.CO.ID). Skripsi thesis, Universitas Teknologi Digital Indonesia.
Text (HALMAN DEPAN)
1_165410021 - Halaman Depan.pdf - Published Version Download (336kB) |
|
Text (BAB I)
2_165410021 - BAB I.pdf - Published Version Download (86kB) |
|
Text (BAB II)
3_165410021 - BAB II.pdf - Published Version Download (581kB) |
|
Text (BAB III)
4_165410021 - BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (329kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
5_165410021 - BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (272kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
6_165410021 - BAB V.pdf - Published Version Download (79kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_165410021 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (75kB) |
|
Text (LAMPIRAN PENELITIAN)
8_165410021 - LAMPIRAN PENELITIAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (427kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
9_165410021 - LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (862kB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan dunia bisnis saat ini semakin meningkat sebanding dengan meningkatnya permintaan masyarakat Indonesia terhadap produk dalam memenuhi kebutuhan. Hal ini terlihat dari banyaknya jumlah perusahaan yang melebarkan sayap di bidang pengiriman barang. Terkait dengan user experience, hasil observasi awal peneliti menunjukkan beberapa catatan penting berupa penilaian yang diberikan oleh pengguna aplikasi J&T Express pada Playstore. Rating keseluruhan yang ditunjukkan hanya sebesar 2,5 dari ulasan 109.232 pengguna, dengan detail penilaian; sangat tidak memuaskan (digambarkan dengan pemberian bintang 1) mencapai 60%; 25% pengguna memberikan penilaian sangat memuaskan; dan sisanya, 15% terbagi secara merata dalam tiga penilaian, tidak memuaskan (bintang 2), biasa saja (bintang 3), serta memuaskan (bintang 4). Sebagian pengguna mengungkapkan bahwa mereka kesulitan dalam menggunakan aplikasi J&T Express, terutama terkait dengan layanan COD. Kualitas penilaian ini menunjukkan bagaimana sistem aplikasi yang kurang baik dapat mempengaruhi pengalaman pengguna.Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi usability atas aplikasi layanan paket J&T Express metode user experience questionnaire, sehingga dapat digunakan sebagai evaluasi untuk pengembangan selanjutnya. Berdasarkan kajian teori dan hasil penelitian sejenis, memunculkan ide untuk menggunakan model User Experience Questionnaire (UEQ) sebagai model dasar penlitian karena UEQ berhasil mencakup aspek pragmatic dan hedonic dalam pengukuran user experience. Populasi penelitian ini adalah pengguna aplikasi J&T dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan UEQ Data Analysis Tool. Hasil penelitian ini adalah ditemukan bahwa aspek attractiveness (Daya Tarik), perspicuity (kejelasan), efficiency (efisiensi), stimulation (stimulasi) dan novelty (Kebaruan) menyatakan bahwa aplikasi J&T mendapatkan nilai dibawah rata-rata atau below average dengan nilai sebesar 0,972, 0,950, 0,943, 0,730, 0,585. Sedangkan pada variabel dependability (ketepatan) dengan nilai terendah yaitu buruk atau bad dengan nilai sebesar 0,261. Rekomendasi pada penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan pemangku kepentingan aplikasi J&T untuk meningkatkan user experience aplikasi J&T. Kata Kunci : User Experience, Aplikasi J&T, UEQ, UEQ Data Analysis Tool
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Agung Budi Prasetyo, S.Kom., M.Kom. |
Uncontrolled Keywords: | User Experience, Aplikasi J&T, UEQ, UEQ Data Analysis Tool |
Subjects: | A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Analisis Sistem |
Divisions: | Jenjang S1 > Informatika (S1) |
Depositing User: | Titis Pratiwi |
Date Deposited: | 10 Mar 2023 02:29 |
Last Modified: | 10 Mar 2023 02:29 |
URI: | http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/9898 |
Actions (login required)
View Item |