ANALISIS USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI GOJEK DAN GRAB MENGGUNAKAN METODE ANALISIS GOMS

RIYANTO, OKY - 165410231 (2022) ANALISIS USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI GOJEK DAN GRAB MENGGUNAKAN METODE ANALISIS GOMS. Skripsi thesis, Universitas Teknologi Digital Indonesia.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1_165410231_PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (438kB)
[img] Text (BAB I)
2_165410231_BAB_I.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text (BAB II)
3_165410231_BAB_II.pdf - Published Version

Download (194kB)
[img] Text (BAB III)
4_165410231_BAB_III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
5_165410231_BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
6_165410231_BAB_V.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_165410231_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (117kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_PENDUKUNG.pdf - Published Version

Download (76kB)

Abstract

GOMS (goals, operators, methods, dan selection rules) adalah metode untuk menganalisis suatu tugas (task) yang dikembangkan oleh Stuart Card, Thomas P., Moran and Allen Newell (Card dkk, 1983). Goals berarti tujuan yang ingin dicapai oleh pengguna, operators berarti tindakan dasar yang harus dilakukan pengguna di dalam menggunakan sistem, methods berarti cara-cara yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan dengan menggunakan operators yang ada, dan selection rules berarti pilihan metode yang digunakan. Pada penelitian ini mencoba mencari tahu segi kecepatan dan efisiensi antara aplikasi Gojek dan Grab menggunakan metode GOMS Analisis dengan Teknik KLM yang diujikan kepada 3 aspek dari kedua aplikasi yaitu Goride, Gocar, Gofood dan GrabBike, GrabCar, GrabFood. Tujuannya adalah untuk mengetahui manakah yang lebih cepat dan efisien antara kedua aplikasi tersebut dalam pemesanan layanan kendaraan dan makanan. Penelitian ini menghasilkan sebuah kesimpulan mengenai 3 aspek yang telah diteliti sebelumnya dalam bentuk sebuah tabel pengamatan yang dapat digunakan oleh perusahaan sebagai pertimbangan dalam melakukan pengembangan aplikasi di kemudian hari. Kata Kunci : GOMS, KLM, User Interface, User Experience

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Agung Budi Prasetyo, S.Kom., M.Kom.
Uncontrolled Keywords: GOMS, KLM, User Interface, User Experience
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Analisis Sistem
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Analisis Sistem > Analisis User Interface
Divisions: Jenjang Strata Satu > Teknik Informatika (Informatic Engineering)
Depositing User: Titis Pratiwi
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:51
Last Modified: 23 Jun 2022 03:16
URI: http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/9670

Actions (login required)

View Item View Item