IMPLEMENTASI SISTEM E-COMMERCE TERINTEGRASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL UNTUK OPTIMASI PEMBAYARAN DAN PELAYANAN PELANGGAN PADA UMKM ALLO TIDOA.

Nurinsan, Chairul - 215610049 (2025) IMPLEMENTASI SISTEM E-COMMERCE TERINTEGRASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL UNTUK OPTIMASI PEMBAYARAN DAN PELAYANAN PELANGGAN PADA UMKM ALLO TIDOA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA.

[img] Text
1_215610049_HALAMAN_DEPAN.pdf.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text
2_215610049_BAB_I.pdf.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text
3_215610049_BAB_II.pdf.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text
4_215610049_BAB_III.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
5_215610049_BAB_IV.dpf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
6_215610049_BAB_V.dpf.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text
7_215610049_DAFTAR_PUSTAKA.dpf.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text
8_215610049_LAMPIRAN.dpf.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan sistem e-commerce terintegrasi pada UMKM Allo Tidoa’ dengan berfokus pada optimasi pembayaran dan pelayana pelanggan FAQ. Latar belakang penelitian in didasari oleh masih manualnya proses transaksi dan pencatatan yang dilakukan oleh UMKM, serta kurang optimalnya pelayanan terhadap pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah SDLC model tangkas (agile) dengan pendekatan observasi, wawancara, dan studi literatur. Sistem dikembangkan menggunakan Laravel versi 12.x, dengan integrasi payment gateway Midtrans, serta chatbot FAQ menggunakan AI untuk pelayanan pelanggan. Hasil implementasi menunjukkan bahwa sistem berhasil dioperasikan dengan baik. Fitur-fitur seperti login multi-role, manajemen produk dan kategori, checkout dengan pembayaran midtrans, kupon diskon, serta ulasan produk telah berjalan sebagaimana mestinya. Sistem ini mampu meningkatkan efisiensi operasional menyelesaikan persoalan pembayaran yang sistematis menggunakan midtrans, pelayanan pelanggan chatbot FAQ menggunakan AI dan memperluas potensi pasar Allo Tidoa’. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam bentuk model e-commerce yang dapat diadaptasi oleh UMKM lain di Indonesia, terutama dalam menghadapi era digitalisasi bisnis. Kata Kunci: chatbot, e-commerce, Laravel, midtrans, UMKM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sumiyatun S.Kom., M.Cs
Uncontrolled Keywords: Chatbot, e-commerce, Laravel, midtrans, UMKM
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > E-commerce
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Bahasa Pemrograman > PHP > Framework Laravel
Divisions: Skripsi (S1) > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Mr. Andi Setyanto
Date Deposited: 03 Sep 2025 07:41
Last Modified: 03 Sep 2025 07:41
URI: http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10837

Actions (login required)

View Item View Item