Prata, Muhammad Marhel Nanda - 205610054 (2025) RANCANG BANGUN INTEGRASI APPLICATTION PROGRAMMING INTERFACE (API) BAILEYS PADA APLIKASI MARKETING WHATSAPP BLAST UNTUK PENAWARAN PRODUK TOKO UMKM PADA MARKETPLACE SHOPEE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA (UTDI).
![]() |
Text
1_205610054_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text
2_205610054_BAB_I.pdf - Published Version Download (85kB) |
![]() |
Text
3_205610054_BAB_II.pdf - Accepted Version Download (141kB) |
![]() |
Text
4_205610054_BAB_III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (553kB) |
![]() |
Text
5_205610054_BAB_IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (694kB) |
![]() |
Text
6_205610054_BAB_V.pdf - Published Version Download (109kB) |
![]() |
Text
7_205610054_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version Download (45kB) |
![]() |
Text
8_205610054_CARA_MENJALANKAN_PROGRAM.pdf - Published Version Download (864kB) |
![]() |
Text
9_205610054_LISTING_PROGRAM.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
Abstract
Sistem pemasaran digital terus berkembang, menawarkan berbagai cara untuk menjangkau pelanggan secara lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi marketing berbasis WhatsApp Blast dengan integrasi API Baileys sebagai alat promosi produk toko UMKM di marketplace Shopee. Aplikasi ini dirancang untuk mempermudah promosi massal melalui WhatsApp, memungkinkan pengelolaan kampanye yang lebih efisien dibandingkan metode konvensional seperti WhatsApp Business. Metodologi yang digunakan meliputi analisis kebutuhan sistem, perancangan berbasis UML, dan implementasi menggunakan framework Laravel dan Vue.js. Sistem ini mampu menghubungkan beberapa akun WhatsApp, mengelola data kontak secara otomatis, serta mengirimkan pesan promosi ke banyak target tanpa batasan. Pengujian dengan metode black box menunjukkan bahwa aplikasi berjalan sesuai fungsionalitas yang diharapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi API Baileys memungkinkan peningkatan efisiensi operasional serta mengurangi biaya promosi. Sistem ini memberikan solusi bagi UMKM untuk menjangkau pasar yang lebih luas secara efektif dan memanfaatkan potensi marketplace Shopee secara optimal. Saran untuk pengembangan lebih lanjut mencakup pembuatan aplikasi versi mobile dan penambahan fitur seperti bot auto reply untuk meningkatkan interaktivitas. Kata kunci: WhatsApp, API, UMKM, Marketplace, Pemasaran Digital.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dr. Asahri Hadi Nasuha, S.Kom., M.Kom |
Uncontrolled Keywords: | WhatsApp, API, UMKM, Marketplace, Pemasaran Digital. |
Subjects: | A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Situs Jejaring Sosial (Facebook, instagram, dsb) A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > E-commerce A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Pemrograman (Programming) A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi |
Divisions: | Skripsi (S1) > Sistem Informasi (S1) |
Depositing User: | Mr. Andi Setyanto |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 07:46 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 07:46 |
URI: | http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10826 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |