PEMBUATAN GAME PLATFORMER 2D “LIMPAI” BERGENRE ADVENTURE MENGGUNAKAN UNITY GAME ENGINE

ADITIA, FREDDY (2024) PEMBUATAN GAME PLATFORMER 2D “LIMPAI” BERGENRE ADVENTURE MENGGUNAKAN UNITY GAME ENGINE. Skripsi thesis, Universitas Teknologi Digital Indonesia.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1_205410063_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
2_205410063_BAB_I.pdf - Published Version

Download (385kB)
[img] Text (BAB II)
3_205410063_BAB_II.pdf - Published Version

Download (537kB)
[img] Text (BAB III)
4_205410063_BAB_III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
5_205410063_BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
6_205410063_BAB_V.pdf - Published Version

Download (188kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_205410063_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (409kB)
[img] Text (CARA MENJALANKAN PROGRAM)
8_205410063_CARA_MENJALANKAN_PROGRAM.pdf - Published Version

Download (953kB)
[img] Text (LISTING PROGRAM)
9_205410063_LISTING_PROGRAM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (627kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sebuah game platformer 2D berjudul "LIMPAI" yang bergenre adventure dengan fokus utama pada storytelling. Game ini dikembangkan menggunakan Unity Game Engine dengan cerita yang diadaptasi dari kisah rakyat Kik Cuan dan Limpai dari daerah Belitung. Alur cerita untuk setiap stage diambil dari naskah SABUD ENT, sementara sinopsis cerita aslinya diadaptasi dari sebuah buku sebagai referensi. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa "LIMPAI" berhasil menyajikan game dengan narasi yang kuat dan gameplay yang engaging, meskipun uji coba menunjukkan skor 59% dari 10 responden. Hal ini menunjukkan bahwa game ini memiliki potensi besar namun masih memerlukan beberapa peningkatan, khususnya dalam interaksi dan penguatan elemen naratif agar lebih dapat menarik perhatian pemain. Dengan demikian, game ini berkontribusi dalam melestarikan cerita rakyat lokal melalui media interaktif yang modern. Kata Kunci: Game Platformer, 2D, Adventure, Storytelling, Unity Game Engine, Pengembangan Game, Cerita Rakyat Belitung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: M. Agung Nugroho, S.Kom., M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Game Platformer, 2D, Adventure, Storytelling, Unity Game Engine, Pengembangan Game, Cerita Rakyat Belitung.
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Game VR
Divisions: Jenjang S1 > Informatika (S1)
Depositing User: Titis Pratiwi
Date Deposited: 04 Okt 2024 03:38
Last Modified: 04 Okt 2024 03:38
URI: http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10546

Actions (login required)

View Item View Item