SISTEM PENDAFTARAN ANTRIAN ONLINE PASIEN RAWAT JALAN DENGAN NOTIFIKASI WHATSAPP

PANGESTU, ARFAN MARSETYO (2024) SISTEM PENDAFTARAN ANTRIAN ONLINE PASIEN RAWAT JALAN DENGAN NOTIFIKASI WHATSAPP. Skripsi thesis, Universitas Teknologi Digital Indonesia.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1_205410035_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
2_205410035_BAB_I.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Text (BAB II)
3_205410035_BAB_II.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text (BAB III)
4_205410035_BAB_III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
5_205410035_BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
6_205410035_BAB_V.pdf - Published Version

Download (80kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_205410035_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (101kB)
[img] Text (CARA MENJALANKAN PROGRAM)
8_205410035_CARA_MENJALANKAN_PROGRAM.pdf - Published Version

Download (422kB)
[img] Text (LISTING PROGRAM)
9_205410035_LISTING_PROGRAM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy

Abstract

Dengan kemajuan teknologi informasi dan meningkatnya akses internet yang mudah, akses terhadap informasi telah menjadi hal yang mendasar dalam kehidupan sehari-hari. Menghadapi fenomena ini, Puskesmas Prembun sebagai fasilitas pelayanan kesehatan menyediakan layanan kepada masyarakat, termasuk layanan antrian. Namun, penelitian di Puskesmas Prembun mengungkapkan sejumlah masalah terkait manajemen data, khususnya dalam proses pendaftaran antrian pasien rawat jalan. Terkadang, jumlah pasien yang datang melebihi nomor antrian yang tersedia. Saat ini, proses pendaftaran antrian dilakukan secara langsung di Puskesmas, dimana pasien mengambil nomor antrian dan menunggu giliran sesuai urutan kedatangan. Namun, cara ini seringkali menyebabkan penumpukan pasien dan peningkatan waktu tunggu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Untuk mengatasi permasalahan ini, Puskesmas Prembun mengusulkan solusi berupa implementasi sistem pendaftaran antrian pasien umum rawat jalan berbasis web. Metodologi penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan studi pustaka. Pendekatan pengembangan sistem menggunakan Metode Waterfall, yang mencakup langkah-langkah analisis, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan secara berurutan. Sistem ini menerapkan model antrian FIFO (First In, First Out), yang memastikan pelayanan yang sesuai dengan urutan kedatangan pasien. Fitur sistem mencakup login, daftar antrian, jadwal dokter, cek antrian, list antrian, dan riwayat antrian untuk pasien. Dari sisi Admin, dapat mengelola data antrian, pasien, poli, dokter, rekap, jadwal praktek, dan pegawai. Hasil penelitian ini membuat sebuah website sistem pendaftaran antrian online untuk pasien umum rawat jalan di Puskesmas Prembun menggunakan Framework Laravel versi 9.0, database MySQL, dan bahasa pemrograman PHP 8.1.2. Sistem ini menggunakan teknologi WhatsApp API sebagai sarana notifikasi kepada pasien, dengan pesan berupa teks. Dengan adannya sistem antrian online ini dapat membantu para pasien di Puskesmas untuk mendaftar tanpa harus datang ke Puskesmas. Kata Kunci: Antrian, FIFO, Puskesmas, Whatsapp API

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Femi Dwi Astuti, S.Kom., M.Cs.
Uncontrolled Keywords: Antrian, FIFO, Puskesmas, Whatsapp API
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Bahasa Pemrograman > PHP > Framework Laravel
Divisions: Jenjang S1 > Informatika (S1)
Depositing User: Titis Pratiwi
Date Deposited: 03 Okt 2024 03:07
Last Modified: 03 Okt 2024 03:07
URI: http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10538

Actions (login required)

View Item View Item