PANGESTU, ARFAN MARSETYO (2024) SISTEM PENDAFTARAN ANTRIAN ONLINE PASIEN RAWAT JALAN DENGAN NOTIFIKASI WHATSAPP. Skripsi thesis, Universitas Teknologi Digital Indonesia.
Text (HALAMAN DEPAN)
1_205410035_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version Download (3MB) |
|
Text (BAB I)
2_205410035_BAB_I.pdf - Published Version Download (153kB) |
|
Text (BAB II)
3_205410035_BAB_II.pdf - Published Version Download (215kB) |
|
Text (BAB III)
4_205410035_BAB_III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
5_205410035_BAB_IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (717kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
6_205410035_BAB_V.pdf - Published Version Download (80kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_205410035_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version Download (101kB) |
|
Text (CARA MENJALANKAN PROGRAM)
8_205410035_CARA_MENJALANKAN_PROGRAM.pdf - Published Version Download (422kB) |
|
Text (LISTING PROGRAM)
9_205410035_LISTING_PROGRAM.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (364kB) | Request a copy |
Abstract
Dengan kemajuan teknologi informasi dan meningkatnya akses internet yang mudah, akses terhadap informasi telah menjadi hal yang mendasar dalam kehidupan sehari-hari. Menghadapi fenomena ini, Puskesmas Prembun sebagai fasilitas pelayanan kesehatan menyediakan layanan kepada masyarakat, termasuk layanan antrian. Namun, penelitian di Puskesmas Prembun mengungkapkan sejumlah masalah terkait manajemen data, khususnya dalam proses pendaftaran antrian pasien rawat jalan. Terkadang, jumlah pasien yang datang melebihi nomor antrian yang tersedia. Saat ini, proses pendaftaran antrian dilakukan secara langsung di Puskesmas, dimana pasien mengambil nomor antrian dan menunggu giliran sesuai urutan kedatangan. Namun, cara ini seringkali menyebabkan penumpukan pasien dan peningkatan waktu tunggu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Untuk mengatasi permasalahan ini, Puskesmas Prembun mengusulkan solusi berupa implementasi sistem pendaftaran antrian pasien umum rawat jalan berbasis web. Metodologi penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan studi pustaka. Pendekatan pengembangan sistem menggunakan Metode Waterfall, yang mencakup langkah-langkah analisis, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan secara berurutan. Sistem ini menerapkan model antrian FIFO (First In, First Out), yang memastikan pelayanan yang sesuai dengan urutan kedatangan pasien. Fitur sistem mencakup login, daftar antrian, jadwal dokter, cek antrian, list antrian, dan riwayat antrian untuk pasien. Dari sisi Admin, dapat mengelola data antrian, pasien, poli, dokter, rekap, jadwal praktek, dan pegawai. Hasil penelitian ini membuat sebuah website sistem pendaftaran antrian online untuk pasien umum rawat jalan di Puskesmas Prembun menggunakan Framework Laravel versi 9.0, database MySQL, dan bahasa pemrograman PHP 8.1.2. Sistem ini menggunakan teknologi WhatsApp API sebagai sarana notifikasi kepada pasien, dengan pesan berupa teks. Dengan adannya sistem antrian online ini dapat membantu para pasien di Puskesmas untuk mendaftar tanpa harus datang ke Puskesmas. Kata Kunci: Antrian, FIFO, Puskesmas, Whatsapp API
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Femi Dwi Astuti, S.Kom., M.Cs. |
Uncontrolled Keywords: | Antrian, FIFO, Puskesmas, Whatsapp API |
Subjects: | A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Bahasa Pemrograman > PHP > Framework Laravel |
Divisions: | Jenjang S1 > Informatika (S1) |
Depositing User: | Titis Pratiwi |
Date Deposited: | 03 Okt 2024 03:07 |
Last Modified: | 03 Okt 2024 03:07 |
URI: | http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10538 |
Actions (login required)
View Item |