SKRIPSI PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA PENGEMBANGAN SISTEM INVENTARISASI BERBASIS WEBSITE UNTUK DEPARTEMEN GENERAL AFFAIR (STUDI KASUS PT DUTA HITA JAYA)

Rifqi, Miftakhul Ilman - 205410082 (2024) SKRIPSI PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA PENGEMBANGAN SISTEM INVENTARISASI BERBASIS WEBSITE UNTUK DEPARTEMEN GENERAL AFFAIR (STUDI KASUS PT DUTA HITA JAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA.

[img] Text
1_205410082_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version

Download (776kB)
[img] Text
2_205410082_BAB_I.pdf - Published Version

Download (19kB)
[img] Text
3_205410082_BAB_II.pdf - Published Version

Download (30kB)
[img] Text
4_205410082_BAB_III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
5_205410082_BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
6_205410082_BAB_V.pdf - Published Version

Download (10kB)
[img] Text
7_205410082_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10kB)

Abstract

Di era saat ini, dimana teknologi memegang peranan penting, kemampuan untuk mengelola inventaris dengan efisien dan akurat menjadi kunci utama bagi kelancaran operasional perusahaan. PT Duta Hita Jaya, sebuah entitas yang beroperasi di Indonesia, mengalami kendala besar dalam hal pengaturan inventaris di Departemen General Affair (GA). Penggunaan software Excel yang kurang optimal dan rawan kesalahan menjadi sumber permasalahan, yang meliputi error data, kesulitan dalam pemantauan inventaris, dan proses persetujuan yang berjalan dengan lambat. Situasi ini mendesak perlunya beralih ke sistem yang lebih canggih dan terpadu untuk meningkatkan efektivitas dan ketepatan dalam pengelolaan inventaris. Penelitian ini mengarah pada pembuatan sistem inventaris berbasis web, yang dibangun menggunakan framework Laravel dan database phpMyAdmin pada server lokal XAMPP, untuk mengatasi masalah efisiensi dan ketepatan yang dihadapi oleh Departemen GA di PT Duta Hita Jaya. Sistem yang dikembangkan ini bertujuan untuk mengganti proses kerja manual dengan solusi digital yang lebih sistematis dan minim error. Fokus utamanya adalah pada fitur-fitur kunci seperti permintaan barang oleh karyawan dan proses persetujuan oleh Departemen GA, serta menyediakan laman yang dapat dikustomisasi sesuai dengan peran pengguna dan fitur tambahan untuk mendukung pengelolaan inventaris yang lebih efektif. Dari implementasi sistem inventaris berbasis web ini, terlihat adanya peningkatan signifikan dalam hal efisiensi dan akurasi pengelolaan inventaris di Departemen GA PT Duta Hita Jaya. Sistem berhasil memudahkan proses permintaan barang, mengurangi jumlah kesalahan, dan meningkatkan efektivitas operasional secara umum. Temuan ini mengukuhkan bahwa adopsi teknologi digital dalam proses bisnis sangatlah krusial untuk memajukan kinerja operasional suatu perusahaan. Kata kunci: Efisiensi, Laravel, phpMyAdmin, Sistem Inventaris Berbasis Website, Solusi Digital, Teknologi, XAMPP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sri Redjeki, S.Si., M.Kom., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Efisiensi, Laravel, phpMyAdmin, Sistem Inventaris Berbasis Website, Solusi Digital, Teknologi, XAMPP.
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Bahasa Pemrograman > PHP
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Komputer Digital (Digital Komputer)
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Bahasa Pemrograman > PHP > Framework Laravel
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi > Program Aplikasi Berbasis WEB
Divisions: Jenjang S1 > Informatika (S1)
Depositing User: Mr. Andi Setyanto
Date Deposited: 22 Mar 2024 06:50
Last Modified: 22 Mar 2024 06:50
URI: http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10308

Actions (login required)

View Item View Item