APLIKASI ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN ALGORITMA FREQUENT PATTERN GROWTH (STUDI KASUS : SWALAYAN SURYA JAYA PONOROGO)

Aditia, Bagas - 195410029 (2024) APLIKASI ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN ALGORITMA FREQUENT PATTERN GROWTH (STUDI KASUS : SWALAYAN SURYA JAYA PONOROGO). Skripsi thesis, UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA.

[img] Text
1_195410029_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
2_195410029_BAB _I.pdf - Published Version

Download (624kB)
[img] Text
3_195410029_BAB_II.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
4_195410029_BAB_III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
5_195410029_BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
6_195410029_BAB_V.pdf - Published Version

Download (394kB)
[img] Text
7_195410029_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (291kB)
[img] Text
9_195410029_CARA_MENJALANKAN_PROGRAM.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text
10_195410029_LISTING_PROGRAM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)

Abstract

Persaingan yang semakin ketat di sektor penjualan mendorong pelaku usaha untuk mengembangkan strategi inovatif. Meskipun persaingan merupakan risiko besar, namun juga dapat mendorong inovasi dan perkembangan bisnis. Ketersediaan barang yang sesuai dengan kebutuhan konsumen menjadi kunci penting, dan analisis data penjualan menjadi cara efektif untuk memahami pasar. Namun, proses analisis manual atau tulisan tangan memakan waktu, terutama jika data transaksi mencapai ribuan baris. Oleh karena itu, diperlukan aplikasi untuk mempermudah analisis data transaksi penjualan. Penelitian ini difokuskan pada Swalayan Surya Jaya, sebuah retail swalayan di Ponorogo, Jawa Timur. Lokasinya yang strategis menjadikannya pilihan utama masyarakat sekitar, namun pertumbuhan penjualan juga menimbulkan masalah, terutama terkait penempatan barang yang tidak teratur. Data transaksi penjualan yang terus meningkat menjadi tumpukan besar, namun pengolahan dan pemanfaatannya dianggap kurang optimal. Oleh karena itu, penelitian ini diharap dapat membantu Swalayan Surya Jaya dengan menerapkan Algoritma FP-Growth untuk menganalisis data transaksi penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi analisis pola pembelian konsumen menggunakan Algoritma FP-Growth pada Swalayan Surya Jaya, serta mempermudah pihak swalayan dalam membuat keputusan ketika menyusun strategi penjualan, seperti menentukan tata letak barang, dan menentukan paket pembelian. Berdasarkan penelitian yang diperoleh dari data transaksi penjualan Swalayan Surya Jaya, terdapat beberapa item produk yang dapat dijadikan rekomendasi dalam menentukan tata letak barang, dan paket pembelian. Dengan algoritma FP-Growth untuk menganalisa pola pembelian konsumen sangat bermanfaat bagi pihak swalayan, karena membantu Swalayan Surya Jaya dalam menyusun strategi penjualan. Kata kunci : Asosiasi, Data Mining, FP-Growth

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Maria Mediatrik Sebatubun, S.Kom., M.Kom
Uncontrolled Keywords: Asosiasi, Data Mining, FP-Growth
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Algoritma
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Analisis Sistem
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi > Program Aplikasi Berbasis WEB
Divisions: Jenjang S1 > Informatika (S1)
Depositing User: Mr. Andi Setyanto
Date Deposited: 20 Mar 2024 04:03
Last Modified: 20 Mar 2024 04:03
URI: http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10291

Actions (login required)

View Item View Item