Sulistiawan, Muhammad Ridho (2023) IMPLEMENTASI KUBERNETES DAN PATRONI POSTGRESQL CLUSTER SEBAGAI INFRASTRUKTUR APLIKASI KELUHAN PELANGGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA.
Text
1_195411087_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version Download (336kB) |
|
Text
2_195411087_BAB_I - MUHAMMAD RIDHO SULISTIAWAN.pdf - Published Version Download (271kB) |
|
Text
3_195411087_BAB_II - MUHAMMAD RIDHO SULISTIAWAN.pdf - Published Version Download (319kB) |
|
Text
4_195411087_BAB_III - MUHAMMAD RIDHO SULISTIAWAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (235kB) | Request a copy |
|
Text
5_195411087_BAB_IV - MUHAMMAD RIDHO SULISTIAWAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
6_195411087_BAB_V - MUHAMMAD RIDHO SULISTIAWAN.pdf - Published Version Download (247kB) |
|
Text
7_195411087_DAFTAR_PUSTAKA - MUHAMMAD RIDHO SULISTIAWAN.pdf - Published Version Download (247kB) |
|
Text
8_195411087_CARA_MENJALANKAN_PROGRAM - MUHAMMAD RIDHO SULISTIAWAN.pdf - Published Version Download (744kB) |
|
Text
9_195411087_LISTING_PROGRAM - MUHAMMAD RIDHO SULISTIAWAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
10_195411087_LAMPIRAN - MUHAMMAD RIDHO SULISTIAWAN.pdf - Published Version Download (337kB) |
Abstract
Internet saat ini berperan penting dalam kehidupan. Hal itu tidak terlepas dari semakin cepatnya laju perkembangan teknologi. Dalam hal ini, sebagai perusahaan penyedia layanan internet, atau yang lebih dikenal dengan ISP (Internet Service Provider). Gangguan internet sering kali terjadi dan tidak bisa di prediksi. Untuk itu, hampir semua penyedia layanan internet memiliki tim Helpdesk atau Customer Service. Hal ini dimaksudkan untuk menerima keluhan dari pelanggan sehingga setiap keluhan dapat ditangani dengan baik dan secara efektif. Tim Helpdesk nantinya akan berkoordinasi dengan tim yang bertugas secara teknikal, yaitu NOC. Untuk itu dibuatlah aplikasi ini agar koordinasi antara Helpdesk dan NOC bisa lebih terdokumentasi dan mempermudah komunikasinya. Dengan sudah adanya aplikasi yang powerful, kurang rasanya jika infrastruktur sistem atau server menjalankan aplikasi tersebut tidak high available. Sehingga untuk melayani hal tersebut dilakukan implementasi Kubernetes Cluster dan juga Patroni sebagai database Cluster PostgreSQL. Dengan diimplementasikan sistem ini diharapkan layanan yang ada di infrastruktur tersebut dapat berjalan dengan baik dan memiliki down time yang lebih kecil. Manfaat lain jika diimplementasikan sistem ini, akan lebih mudah dalam maintenance dan juga scaling jika nantinya sistem akan digunakan dalam lingkup yang lebih luas lagi. Kata kunci : Cluster, High Availability, Kubernetes, Linux, PostgreSQL
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dini Fakta Sari, S.T., M.T. |
Uncontrolled Keywords: | Cluster, High Availability, Kubernetes, Linux, PostgreSQL |
Subjects: | A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence) A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi |
Divisions: | Jenjang S1 > Informatika (S1) |
Depositing User: | Mr. Andi Setyanto |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 03:34 |
Last Modified: | 07 Mar 2023 01:51 |
URI: | http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/9845 |
Actions (login required)
View Item |