ANALISIS UI/UX TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI GRAB DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DENGAN METODE USABILITY TESTING

KURNIA, FRANSISKA ROSITA - 175610060 (2022) ANALISIS UI/UX TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI GRAB DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DENGAN METODE USABILITY TESTING. Skripsi thesis, Universitas Teknologi Digital Indonesia.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1_175610060_Halaman_Depan.pdf - Published Version

Download (262kB)
[img] Text (BAB I)
2_175610060_Halaman_BAB_1.pdf - Published Version

Download (100kB)
[img] Text (BAB 2)
3_175610060_Halaman_BAB_2.pdf - Published Version

Download (159kB)
[img] Text (BAB 3)
4_175610060_Halaman_BAB_3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
5_175610060_Halaman_BAB_4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
6_175610060_Halaman_BAB_5.pdf - Published Version

Download (8kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_175610060_DAFTAR_PUSTAKA - Fransiska R. Kurnia.pdf - Updated Version

Download (6kB)
[img] Text (HASIL ANALISIS)
8_175610060_HASIL_ANALISIS - Fransiska R. Kurnia.pdf - Published Version

Download (548kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9_175610060_LAMPIRAN - Fransiska R. Kurnia.pdf - Published Version

Download (73kB)

Abstract

GRAB saat ini merupakan aplikasi yang sudah sangat membantu masyarakat/ konsumen dalam memenuhi kebutuhanya sehari-hari. Akan tetapi, banyak keluhan mengenai kekurangan aplikasi ini, seperti GPS yang kurang akurat, alamat yang kurang valid, serta kurangnya tanggapan dari pihak GRAB jika ada keluhan dari konsumen. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui kepuasan pengguna aplikasi GRAB dengan metode usability. 2) Untuk mengetahui besaran persentase kepuasan pengguna aplikasi GRAB dalam pemanfaatannya sehingga menjadi bahan pertimbangan untuk penggunaan selanjutnya. Metodologi yang digunakan untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini adalah pengujian usability. Langkah awal yang dipakai adalah pengumpulan data, yakni demi mendapatkan data yang valid, sehingga hasil dan kesimpulan penelitian pun tidak akan diragukan kebenarannya. Objek dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi GRAB dengan menggunakan metode usability. Hasil uji validitas dengan jumlah responden sebanyak 110 orang menunjukkan atribut item yang valid dilihat dari perolehan nilai r-tabel adalah 0,187. Hasil uji reliabilitas yang diperoleh adalah 0,933 dimana menunjukkan reliabel kegunaan kuisioner. Hasilnya, komponen Kemudahan dengan nilai 4,27 (sangat baik), komponen Mudah Diingat dengan nilai 4,07 (baik), komponen efisiensi mendapat nilai 3,94 (baik), komponen Kepuasan mendapat nilai 4,06 (baik), dan komponen Kesalahan dan Keamanan mendapat nilai 3,64 (baik). Hasil rata-rata nilai komponen pengujian usability adalah 3, 99 (baik). Terkadang GPS mengalami error atau tidak akurat dan tidak sesuai titik dan lokasi (belum maksimal) dan terjadi error pada aplikasi saat saya ingin menggunakan kode voucher atau promo karena S&K yang berlaku, keduanya memiliki nilai yang paling besar pada variabel setuju dengan bobot (4) dengan nilai persentasenya sebesar 72,73 dan 49,09. Hal ini berarti, permasalahan dalam penelitian ini sudah sesuai dengan keadaan sebenarnya. Kata Kunci : Pengujian usability, aplikasi GRAB, analisis UI/UX

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Heru Agus Triyanto, S.E, M.M
Uncontrolled Keywords: Pengujian usability, aplikasi GRAB, analisis UI/UX
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi > Program Aplikasi Android
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi
Divisions: Jenjang Strata Satu > Sistem Informasi (Information System)
Depositing User: Titis Pratiwi
Date Deposited: 02 Mar 2022 07:03
Last Modified: 02 Mar 2022 07:03
URI: http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/9537

Actions (login required)

View Item View Item