OPTIMASI OBJEK 3D MENGGUNAKAN LEVEL OF DETAIL

AFRIYANTO, AGUS - 165410175 (2022) OPTIMASI OBJEK 3D MENGGUNAKAN LEVEL OF DETAIL. Skripsi thesis, Universitas Teknologi Digital Indonesia.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1_165410175_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version

Download (586kB)
[img] Text (BAB I)
2_165410175_BAB_I - Agus afriyanto.pdf - Published Version

Download (48kB)
[img] Text (BAB II)
3_165410175_BAB_II - Agus afriyanto.pdf - Published Version

Download (846kB)
[img] Text (BAB III)
4_165410175_BAB_III - Agus afriyanto.pdf - Updated Version
Restricted to Repository staff only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
5_165410175_BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (860kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
6_165410175_BAB_V.pdf - Published Version

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_165410175_DAFTAR_PUSTAKA - Agus afriyanto.pdf - Published Version

Download (101kB)
[img] Text (CARA MENJALANKAN PROGRAM)
8_165410175_CARA_MENJALANKAN_PROGRAM - Agus afriyanto.pdf - Published Version

Download (485kB)
[img] Text (LISTING PROGRAM)
9_165410175_LISTING_PROGRAM - Agus afriyanto.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_165410175_Lampiran.pdf - Published Version

Download (381kB)

Abstract

Games merupakan salah satu dari kemajuan teknologi saat ini, yang banyak berperan dalam berbagai aspek kehidupan diantaranya pendidikan, hiburan, seni dan sosial budaya. Games merupakan gabungan dari banyak elemen multimedia yang diantaranya adalah objek 3D. Desain games yang semakin hari semakin luas dan detail, berdampak pada performa dari games tersebut, sehingga diperlukan Optimasi pada objek 3D yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Frame Per Second di dalam games yang berbasis android , serta menganalisis perbedaan games yang menggunakan level of detail, dan games yang tidak menggunakan level of detail. Penelitian ini menggunakan level of detail untuk mengurangi jumlah mesh pada setiap tingkat level of detail 3D yang digunakan. Objek 3D memiliki empat tingkat level of detail yang digunakan yaitu LOD0, LOD1, LOD2 dan LOD3. Empat tingkat level of detail yang muncul dalam games atau layar smartphone disesuaikan dengan jarak antara player ke objek 3D. Jarak player ke objek 3D memicu perubahan detail pada objek 3D sehingga mempengaruhi beban kerja pada smartphone . Hasil pengujian menunjukkan dengan adanya pengurangan jumlah mesh pada tingkat level of detail yang digunakan pada objek 3D dapat mengurangi beban yang diberikan pada smartphone saat menampilkan objek 3D. Games yang menggunakan level of detail mendapatkan hasil rata-rata 9,7 FPS, yang mengalami peningkatan 180% dari games yang tidak menggunakan level of detail yang mendapatkan hasil rata 3,5 FPS. Kata Kunci : Level Of Detail, LOD, Optimasi games

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Pius Dian Widi Anggoro, S.Si, M.Cs.
Uncontrolled Keywords: Level Of Detail, LOD, Optimasi games
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Teknologi Informasi
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Sistem Multimedia (Multimedia System)
Divisions: Jenjang Strata Satu > Teknik Informatika (Informatic Engineering)
Depositing User: Titis Pratiwi
Date Deposited: 16 Feb 2022 04:10
Last Modified: 16 Feb 2022 04:10
URI: http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/9532

Actions (login required)

View Item View Item