Edelwise, Ryan Wildan - 215410086 (2025) USER EXPERIENCE PADA WEB LSM INDONESIA UNTUK KEMANUSIAAN MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA.
![]() |
Text
1_215410086_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version Download (662kB) |
![]() |
Text
2_215410086_BAB_I.pdf - Published Version Download (97kB) |
![]() |
Text
3_215410086_BAB_II.pdf - Published Version Download (398kB) |
![]() |
Text
4_215410086_BAB_III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
![]() |
Text
5_215410086_BAB_IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
6_215410086_BAB_V.pdf - Published Version Download (84kB) |
![]() |
Text
7_215410086_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version Download (77kB) |
![]() |
Text
8_215410086_LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengalaman pengguna (user experience) pada halaman donasi website LSM Indonesia untuk Kemanusiaan menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ). Evaluasi dilakukan terhadap enam dimensi utama UX: Attractiveness, Perspicuity, Efficiency, Dependability, Stimulation, dan Novelty. Metode yang digunakan bersifat kuantitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden berusia 20-40 tahun yang pernah mengakses halaman donasi tersebut. Data yang diperoleh diolah menggunakan perangkat lunak UEQ Data Analysis Tool versi 12, yang secara otomatis melakukan transformasi skala (-3 hingga +3), menghitung nilai rata-rata, dan menghasilkan visualisasi benchmark. Hasil menunjukkan bahwa dimensi Attractiveness, Perspicuity, Efficiency, dan Stimulation berada dalam kategori Below Average, sedangkan Dependability dan Novelty masuk dalam kategori Above Average. Temuan ini mengindikasikan bahwa halaman donasi masih perlu ditingkatkan dari aspek daya tarik visual, kemudahan penggunaan, efisiensi, dan stimulasi emosional pengguna, namun telah menunjukkan keandalam dan aspek kebaruan yang cukup baik. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam bentuk rekomendasi perbaikan berdasarkan persepsi pengguna dan dapat menjadi acuan bagi pengembangan UX pada platform digital donasi LSM di Indonesia. Kata Kunci: Benchmark, Halaman Donasi, UEQ, User Experience, UX Evaluation
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Febri Nova Lenti, S.Si., M.T |
Uncontrolled Keywords: | Benchmark, Halaman Donasi, UEQ, User Experience, UX Evaluation |
Subjects: | A Karya Umum (General) > Metode Riset A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi > Program Aplikasi Berbasis WEB A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Sistem Informasi |
Divisions: | Skripsi (S1) > Informatika (S1) |
Depositing User: | Mr. Andi Setyanto |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 03:35 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 03:35 |
URI: | http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10824 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |