Widianti, Dita - 195410113 (2025) ANALISIS SENTIMEN PADA X MENGENAI PELAYANAN PROVIDER TELKOMSEL MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA.
![]() |
Text
1_195410113_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text
2_195410113_BAB_I.pdf - Published Version Download (74kB) |
![]() |
Text
3_195410113_BAB_II.pdf - Published Version Download (161kB) |
![]() |
Text
4_195410113_BAB_III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
![]() |
Text
5_195410113_BAB_IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (578kB) |
![]() |
Text
6_195410113_BAB_V.pdf - Published Version Download (14kB) |
![]() |
Text
7_195410113_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version Download (14kB) |
Abstract
Penelitian ini menganalisis sentimen masyarakat terhadap pelayanan provider Telkomsel yang diungkapkan melalui platform media sosial X. Data dikumpulkan dari tanggal 01 Januari 2022 hingga 14 April 2025. Penelitian ini menggunakan metode Naïve Bayes Classifier untuk mengklasifikasikan sentimen masyarakat terhadap layanan provider Telkomsel dan mengelompokkan sentimen tersebut ke dalam kategori Positif, Negatif, dan Netral. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian analisis sentimen ini meliputi pengambilan data dengan menggunakan tweet harvest, pelabelan dengan menggunakan Laxicon Based, serta Preprocessing yang meliputi cleaning, case folding, normalization, tokenizing, stopword removal, dan stemming. Data tweet diklasifikasikan menggunakan metode Naïve Bayes Classifier dengan model Confusion Matrix. Hasil penelitian ini dengan menggunakan 1296 data tweet yang telah melalui proses pelabelan dan preprocessing menunjukkan bahwa 37% pengguna media sosial X berkomentar positif, 34% berkomentar netral, dan 28% berkomentar negatif. Penerapan metode naïve bayes classifier untuk klasifikasi sentimen mendapatkan akurasi sebesar 52% dengan rasio 80:20. Pengujian dengan model Confusion Matrix menghasilkan rata-rata weighted average precision sebesar 52%, recall 52%, dan FI-Score 52%. Kata Kunci: Analisis Sentimen. Naive Bayes Classifier, Laxicon Based, Telkomsel
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Edi Iskandar, S.T., M.Cs |
Uncontrolled Keywords: | Analisis Sentimen. Naive Bayes Classifier, Laxicon Based, Telkomse |
Subjects: | A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Analisis Sentimen A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Metode Naive Bayes Classifiers A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Metode Naive Bayes |
Divisions: | Skripsi (S1) > Informatika (S1) |
Depositing User: | Mr. Andi Setyanto |
Date Deposited: | 21 Agu 2025 07:23 |
Last Modified: | 21 Agu 2025 07:23 |
URI: | http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10808 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |