Latifnabil, Maulana - 215410059 (2025) IMPLEMENTASI SISTEM TICKETING PENGADUAN BERBASIS WEB DI DIREKTORAT JENDRAL KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA.
![]() |
Text
1_215410059_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version Download (930kB) |
![]() |
Text
2_215410059_BAB_I.pdf - Published Version Download (393kB) |
![]() |
Text
3_215410059_BAB_2.pdf - Published Version Download (531kB) |
![]() |
Text
4_215410059_BAB_III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
5_215410059_BAB_IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
![]() |
Text
6_215410059_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version Download (456kB) |
![]() |
Text
7_215410059_LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Pengelolaan pengaduan internal di Ditjen Dukcapil seperti aplikasi SIAK terpusat, jamkordat, data, layanan, informasi, IKD, regulasi, KTP elektronik sering menghadapi tantangan seperti kurangnya keteraturan, efisiensi, serta transparansi dalam proses penanganan. Hal ini menyebabkan kesulitan dalam pelacakan status pengaduan, distribusi tugas yang tidak merata, dan potensi terjadinya kesalahan dalam penanganan pengaduan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dikembangkan sistem ticketing pengaduan berbasis web yang dirancang menggunakan arsitektur Model-View-Controller (MVC) dan framework Laravel. Sistem ini memfasilitasi petugas internal seperti admin, helpdesk, koordinator, staf, developer, dan pejabat untuk membuat, melacak, dan mengelola tiket pengaduan secara lebih terstruktur. Melalui sistem ini, proses distribusi tugas menjadi lebih terorganisir dan kolaborasi antar-staf dapat ditingkatkan. Pengujian terhadap sistem menunjukkan bahwa fungsionalitas utama berjalan dengan baik, meskipun masih diperlukan beberapa perbaikan untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Kata Kunci: Laravel, Ticketing System, Pengaduan internal, MVC, Manajemen Pengaduan, Kolaborasi Staf.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Femi Dwi Astuti, S.Kom., M.Cs |
Uncontrolled Keywords: | Laravel, Ticketing System, Pengaduan internal, MVC, Manajemen Pengaduan, Kolaborasi Staf |
Subjects: | A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Bahasa Pemrograman > PHP > Framework Laravel A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi > Program Aplikasi Berbasis WEB |
Divisions: | Jenjang S1 > Informatika (S1) |
Depositing User: | Mr. Andi Setyanto |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 06:52 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 06:52 |
URI: | http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10695 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |