IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI UNTUK ANALISIS DATA PENJUALAN BERBASIS WEB (Studi Kasus: Toko Mitra)

Nafisah, Hilmi Ulin - 215610055 (2025) IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI UNTUK ANALISIS DATA PENJUALAN BERBASIS WEB (Studi Kasus: Toko Mitra). Skripsi thesis, UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA.

[img] Text
1_215610055_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
2_215610055_BAB_I.pdf - Published Version

Download (70kB)
[img] Text
3_215610055_BAB_II.pdf - Published Version

Download (238kB)
[img] Text
4_215610055_BAB_III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)
[img] Text
5_215610055_BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img] Text
6_215610055_BAB_V.pdf - Published Version

Download (60kB)
[img] Text
7_215610055_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (60kB)
[img] Text
8_215610055_CARA_MENJALANKAN_PROGRAM.pdf - Published Version

Download (249kB)
[img] Text
9_215610055_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Toko Mitra yang beralamatkan di desa Gondosari, Gebog, Kudus menjual berbagai macam produk untuk kebutuhan sehari-hari. Pemilik toko harus mengerti apa yang diinginkan oleh pelanggannya untuk memberikan kenyamanan dalam berbelanja di toko tersebut, terutama dalam memberikan kemudahan untuk mencari dan memilih barang belanjaan yang diinginkan oleh pelanggan. Pola penjualan ini bisa menjadi informasi bagi toko Mitra untuk mengetahui apa saja produk yang paling sering dibeli oleh kosumen sehingga dari informasi pola penjualan tersebut pihak penjual dapat mengambil keputusan yang berhubungan dengan produk yang akan dijual sebagai langkah yang tepat dalam menyusun strategi pemasaran. Analisa data dapat menggunakan sebuah algoritma tertentu. Algoritma apriori merupakan suatu proses untuk mencari pola hubungan antara satu atau lebih item dalam suatu dataset. Diperlukan adanya sebuah sistem untuk menganalisa data penjualan menggunakan algoritma apriori. Penelitian ini ditujukan guna melihat pola konsumen dalam membeli barang yang memiliki keterkaitan ketika berbelanja yang akan digunakan untuk proses pemasaran. Sistem yang dibuat berbasis web menggunakan bahasa pemrograman python, flask sebagai framework python dan MySQL sebagai server database. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall. Hasil dari penelitian ini menghasilkan beberapa aturan asosiasi yang menunjukkan hubungan kuat antara produk, seperti “Sabun Mandi” dan “Shampoo” atau “Popcorn” dan “Keripik kentang”, yang sering dibeli bersamasama. Hasil asosiasi ini memberikan pandangan lebih dalam tentang kebiasaan pembelian pelanggan yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan melalui penempatan produk yang lebih efektif atau melalui promosi yang sesuai dengan pola pembelian konsumen. Kata Kunci: Algoritma Apriori, Data Penjualan, Pemasaran, Python, Waterfall, Web

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Robby Cokro Buwono, S.Kom., M.Kom
Uncontrolled Keywords: Algoritma Apriori, Data Penjualan, Pemasaran, Python, Waterfall, We
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Algoritma
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Analisis Sistem
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi > Program Aplikasi Berbasis WEB
Divisions: Jenjang S1 > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Mr. Andi Setyanto
Date Deposited: 05 Mar 2025 05:55
Last Modified: 05 Mar 2025 05:55
URI: http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10686

Actions (login required)

View Item View Item