FAJRI, MUHAMMAD KHOIRUL (2024) IMPLEMENTASI ASITEKTUR MICROSERVICE UNTUK SISTEM PEMESANAN CETAK ONLINE (STUDI KASUS ORTINDO DIGITAL PRINT MENGGUNAKAN RESTFUL API). Skripsi thesis, Universitas Teknologi Digital Indonesia.
Text (HALAMAN DEPAN)
1_175410129_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
2_175410129_BAB_I.pdf - Published Version Download (705kB) |
|
Text (BAB II)
3_175410129_BAB_II.pdf - Published Version Download (545kB) |
|
Text (BAB III)
4_175410129_BAB_III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (433kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
5_175410129_BAB_IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (851kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
6_175410129_BAB_V.pdf - Published Version Download (454kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_175410129_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version Download (323kB) |
|
Text (CARA MENJALANKAN PROGRAM)
8_175410129_CARA_MENJALANKAN_PROGRAM.pdf - Published Version Download (268kB) |
|
Text (LISTING PROGRAM)
9_175410129_LISTING_PROGRAM.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (892kB) | Request a copy |
Abstract
Percetakan merupakan industri yang berperan penting dalam penyebaran informasi dalam mempromosikan produk dan jasa. Dengan perkembangan teknologi, khususnya di era digital kebutuhan akan layanan yang mudah, cepat, dan efisien semakin penting. Ortindo Digital Print, sebuah perusahaan digital print menyadari kebutuhan ini dan berinovasi dalam melayani secara efisien. Penelitian ini mengusulkan implementasi arsitektur Microservice menggunakan RESTful API untuk inovasi berupa platform pemesanan cetak online yang tidak hanya mempermudah customer, tetapi juga meningkatkan efisiensi. Arsitektur Microservice mengimplementasikan beberpa komponen layanan utama yaitu: Authentication Service, dan Data Service. API Gateway berfungsi sebagai jembatan bagi semua permintaan dari customer dan mengarahkan ke layanan yang sesuai dimana setiap layanan terhubung dengan sebuah database yang menyimpan data-data yang diperlukan dari setiap layanan Microservice. Dengan mengimplementasikan arsitektur ini, Ortindo Digital Print dapat mempermudah dan meningkatkan efisiensi dalam pemesanan bagi customer serta meningkatkan efisiensi dalam mengelola pemesanan bagi perusahaan. Sistem ini memungkinkan customer untuk memesan cetak tanpa harus datang langsung ke percetakan Ortindo serta memungkin bagi Customer Service untuk mengelola data pemesanan lebih mudah dan efisien. Kata Kunci : Digital Print, Microservice, RESTful API
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Badiyanto, S.Kom., M.Kom. |
Uncontrolled Keywords: | Digital Print, Microservice, RESTful API |
Subjects: | A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > API (Application Programming Interface) |
Divisions: | Jenjang S1 > Informatika (S1) |
Depositing User: | Titis Pratiwi |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 04:19 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 04:19 |
URI: | http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10511 |
Actions (login required)
View Item |