PENGEMBANGAN DESAIN UI APLIKASI COMPLAINZ: MENINGKATKAN PENGALAMAN PENGGUNA DALAM MELAKUKAN LAPORAN DAN ASPIRASI MAHASISWA STUDI KASUS DI PT MARKA KREASI PERSADA

Tadong, Yusak Kristiandy - 195410066 (2024) PENGEMBANGAN DESAIN UI APLIKASI COMPLAINZ: MENINGKATKAN PENGALAMAN PENGGUNA DALAM MELAKUKAN LAPORAN DAN ASPIRASI MAHASISWA STUDI KASUS DI PT MARKA KREASI PERSADA. Skripsi thesis, Universitas Teknologi Digital Indonesia.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1_195410066_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version

Download (972kB)
[img] Text (BAB I)
2_195410066_BAB_I.pdf - Published Version

Download (44kB)
[img] Text (BAB II)
3_195410066_BAB_II.pdf - Published Version

Download (56kB)
[img] Text (BAB III)
4_195410066_BAB_III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
5_195410066_BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
6_195410066_BAB_V.pdf - Published Version

Download (36kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_195410066_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (39kB)

Abstract

Mahasiswa menghadapi kesulitan dalam menyampaikan laporan dan aspirasi, yang tidak hanya menjadi masalah itu sendiri, tetapi juga melibatkan lambatnya tanggapan terhadap laporan yang dapat memperburuk situasi. Harusnya, permasalahan ini dapat ditangani dengan cepat dan akurat, tanpa mengakibatkan permasalahan yang seharusnya dapat diatasi dengan baik menjadi masalah yang lebih besar dan memicu insiden yang tidak diinginkan. Fokus penelitian ini adalah pada desain aplikasi yang melibatkan beberapa langkah, yaitu perancangan desain UI aplikasi e-complain, pengujian prototype desain UI, pengukuran kelayakan prototype dengan menggunakan System Usability Scale (SUS), dan pengukuran tingkat kesulitan pengguna terhadap desain prototype dengan menggunakan Single Ease Question (SEQ). Dari nilai rata-rata SEQ yang dihasilkan melalui pengerjaan tugas dengan menggunakan aplikasi website Maze, dapat disimpulkan bahwa keseluruhan nilai tugas yang diuji adalah 5, yang berarti penggunaan desain aplikasi dianggap mudah. Sedangkan dari perhitungan nilai rata-rata SUS, diperoleh nilai 64, yang menempatkan desain aplikasi pada kategori C, menunjukkan bahwa desain aplikasi sudah cukup siap untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. Dari hasil pengujian dan perhitungan SEQ hingga SUS, dapat disimpulkan bahwa pengguna dapat memahami dan dengan mudah menggunakan aplikasi Complainz yang telah dirancang untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi mahasiswa. Kata kunci: mobile, prototype, User Interface

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Danny Kriestanto, S.Kom., M.Eng.
Uncontrolled Keywords: mobile, prototype, User Interface
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > User Interface
Divisions: Jenjang S1 > Informatika (S1)
Depositing User: Titis Pratiwi
Date Deposited: 20 Sep 2024 03:38
Last Modified: 20 Sep 2024 03:38
URI: http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10472

Actions (login required)

View Item View Item