ANALISIS PENGALAMAN PENGGUNA PADA WEBSITE ELEARNING DENGAN MENGGUNAKAN USABILITY TESTING DAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ) (STUDI PADA HASDEMY.COM)

-, IRHAMULLAH (2024) ANALISIS PENGALAMAN PENGGUNA PADA WEBSITE ELEARNING DENGAN MENGGUNAKAN USABILITY TESTING DAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ) (STUDI PADA HASDEMY.COM). Masters thesis, Universitas Teknologi Digital Indonesia.

[img] Text
1_2210070072TSD14_HALAMAN_DEPAN.pdf.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text
2_2210070072TSD14_BAB_I.pdf.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text
3_2210070072TSD14_BAB_II.pdf.pdf - Published Version

Download (224kB)
[img] Text
4_2210070072TSD14_BAB_III.pdf.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text
5_2210070072TSD14_BAB_IV.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
6_2210070072TSD14_BAB_V.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
7_2210070072TSD14_BAB_VI.pdf.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text
8_2210070072TSD14_DAFTAR_PUSTAKA.pdf.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Teknologi saat ini dapat memberikan aplikasi efektif yang memiliki dampak transformasional pada penyediaan layanan dalam berbagai bidang kehidupan termasuk bidang pendidikan. E-learning merupakan salah satu bentuk model pembelajaran yang difasilitasi dan didukung pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Namun, dalam pelaksanaannya, belum semua pengguna dapat memanfaatkan sistem E-learning ini secara optimal. Salah satu faktor yang berkontribusi pada hal ini adalah tingkat kepuasan pengguna saat mengakses sistem. Penelitian ini dirancang dengan tujuan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pengguna, sebagai langkah evaluasi bagi para pengembang dan manajemen dalam upaya mereka untuk meningkatkan kualitas website E-learning. Untuk mencapai tujuan ini, penelitian ini menerapkan metode analisis Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ). Hasil dari penelitian ini yaitu nilai rata-rata tertinggi skala kuesioner UEQ pada website E-learning Hasdemy.com adalah skala Ketepatan (Dependability) dengan nilai rata-rata sebesar 0,415, selanjutnya Daya tarik (Attractiveness) sebesar -0,060, skala Kejelasan (Perspicuity) sebesar -0,090, skala Stimulasi (Stimulation) sebesar -0,125, skala Kebaruan (Novelty) sebesar -0.190, dan skala Efisiensi (Efficiency) sebesar -0,255. Adapun hasil Usability Testing dengan menggunakan metode SUS didapatkan hasil 47,60 untuk nilai rata-rata pada skor SUS website E-learning Hasdemy.com. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa kondisi website E-Learning Hasdemy.com berada dalam Percentile Range 40-50 dengan grade D-, selanjutnya memiliki Adjective OK, Acceptable marginal,dan NPS passive. Maka dari itu website E-learning Hasdemy harus melakukan berbagai perbaikan untuk meningkatkan kualitas website dari sisi pengguna. Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan UEQ dan SUS website E-learning Hasdemy.com perlu meningkatkan beberapa hal yang menjadi kelemahannya yaitu dari segi antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna (UI/UX), peningkatan dengan menambahkan fitur yang lebih interaktif seperti quiz, forum diskusi, atau fitur gamifikasi dan pembuatan konten yang menarik, jelas, serta informatif. Kata Kunci : E-learning, Website, Usability Testing, UEQ

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: E-learning, Website, Usability Testing, UEQ
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi > Program Aplikasi Berbasis WEB
Divisions: Jenjang S2 > Teknologi Informasi (S2)
Depositing User: Titis Pratiwi
Date Deposited: 15 Agu 2024 08:13
Last Modified: 15 Agu 2024 08:13
URI: http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10393

Actions (login required)

View Item View Item