ANALISIS SENTIMEN PADA X MENGENAI GAME ONLINE PUBG MOBILE DAN FREE FIRE DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER

NUARI, VERA - 215610086 (2024) ANALISIS SENTIMEN PADA X MENGENAI GAME ONLINE PUBG MOBILE DAN FREE FIRE DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER. Skripsi thesis, Universitas Teknologi Digital Indonesia.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1_215610086_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
2_215610086_BAB_I.pdf - Published Version

Download (78kB)
[img] Text (BAB II)
3_215610086_BAB_II.pdf - Published Version

Download (324kB)
[img] Text (BAB III)
4_215610086_BAB_III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text (BAB IV)
5_25610086_BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
6_25610086_BAB_V.pdf - Published Version

Download (98kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_215610086_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (91kB)
[img] Text (LISTING PROGRAM)
8_215610086_LISTING_PROGRAM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)

Abstract

Persepsi terhadap dampak negatif game online PUBG (Playerunknown's Battleground) di kalangan masyarakat Indonesia umumnya menyoroti kecenderungan pemain untuk mengalami kecanduan dan terkadang mengabaikan kewajiban mereka karena terlalu asyik terlibat dalam permainan tersebut. Meskipun demikian, terdapat dampak positif dari keberadaan game PUBG bagi Indonesia, terutama karena game ini diakui sebagai bagian dari kompetisi Esports pada SEA Games 2021. Keberadaan Garena Free Fire di Indonesia sering kali mendapat respon negatif dari kalangan orang tua, namun di sisi positif, game yang populer di kalangan anak-anak ini telah berhasil meningkatkan reputasi Indonesia melalui partisipasinya dalam berbagai turnamen, baik di tingkat nasional maupun internasional. Tahapan Langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian ini melibatkan proses crawling data menggunakan tweet harvest, tahap pre-processing yang mencakup case folding, tokenizing, penghapusan stopword, dan stemming. Setelah itu, dilakukan pelabelan menggunakan kamus lexicon bahasa Indonesia yang diidentifikasi secara manual. Proses selanjutnya data diklasifikasikan menggunakan metode Naïve Bayes Classifier serta evaluasi performa menggunakan confusion matrix. Penelitian ini menghasilkan analisis dari 2.189 tweet yang telah melalui proses pelabelan, dimana ditemukan bahwa 91% dari tweet menunjukkan sentiment positif dari game Free Fire, 89% menunjukan sentiment positif dari game PUBG. Dan 8% memiliki sentiment negatif dari Free Fire, 10% memiliki sentiment negatif dari PUBG. Dari hasil perhitungan pada pengujian analisis sentiment menggunakan metode Naïve Bayes Classifier dengan alat bantu RapidMiner, ditemukan hasil terbaik dengan menggunakan data latih sebanyak 1066 untuk PUBG dan 770 untuk Free Fire data (90%). Kemudian data uji sebanyak 107 untuk PUBG dan 77 untuk Free Fire data (10%). Yang menghasilkan akurasi sebesar 94.81% dari Free Fire dan 88.79% dari PUBG. Hasil dari kedua objek tersebut diketahui bahwa akurasi tertinggi diperoleh untuk game Free Fire. Kata Kunci : Naïve Bayes Classifier, Game Online, Analisis Sentimen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ir. Totok Suprawoto, M.M., M.T,
Uncontrolled Keywords: Naïve Bayes Classifier, Game Online, Analisis Sentimen
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Analisis Sentimen
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Metode Naive Bayes Classifiers
Divisions: Jenjang S1 > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Titis Pratiwi
Date Deposited: 03 Apr 2024 02:14
Last Modified: 03 Apr 2024 02:14
URI: http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10361

Actions (login required)

View Item View Item