Ramadani, Dendi - 175410068 (2024) IMPLEMENTASI TELEGRAM BOT NOTIFICATION API UNTUK FITUR WAITING LIST PADA PENYEWAAN ALAT OUTDOOR PLATFORM WEB (Studi Kasus: Penyewaan Alat Outdoor Gading Adventure). Skripsi thesis, UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA.
Text
1_175410068_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
2_175410068_BAB_I.pdf - Published Version Download (137kB) |
|
Text
2_175410068_BAB_II.pdf - Published Version Download (173kB) |
|
Text
3_175410068_BAB_III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (577kB) |
|
Text
5_175410068_BAB_IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
5_175410068_BAB_V.pdf - Published Version Download (7kB) |
|
Text
6_175410068_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version Download (231kB) |
|
Text
8_175410068_CARA_MENJALANKAN_PROGRAM.pdf - Published Version Download (316kB) |
|
Text
9_175410068_LISTING_PROGRAM.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
Abstract
Penelitian skripsi ini memeiliki fokus tujuan, yaitu untuk meningkatkan efisiensi layanan penyewaan alat outdoor dengan mengintegrasikan Telegram Bot Notification pada sistem berbasis website (web), menggunakan pengapilasian pada aplikasi Telegram. Studi pembuatan dalam permasalahan ini berfokus pada penyewaan watiting list pada took Gading Adventure, penyedia alat outdoor di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Indonesia. Diketahui bahwa masih banyak toko- toko penyewaan alat-alat outdoor yang masih mengandalkan proses manual dalam pelayanannya. Metode-metode penelitian ini mencakup analisis kebutuhan pelanggan, pengembangan aplikasi dan website (web), serta pemanfaatan Telegram Bot untuk memberikan notifikasi otomatis terkait stok, konfirmasi pembayaran, dan informasi penting lainnya kepada pelanggan. Sistem ini juga melibatkan fitur daftar tunggu (waiting list) untuk pelanggan yang kehabisan stok barang yang ingin dipesan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa integrasi Telegram Bot Notification dapat meningkatkan responsivitas pelayanan dan memberikan pengalaman yang lebih efisien dan lebih tertata bagi pelanggan dalam pemesanan suatu produk. Meskipun tidak ada jaminan keberhasilan finansial, aplikasi ini memberikan alternatif modern untuk meningkatkan manajemen penyewaan alat outdoor, agar lebih efektif dan tertata dalam memberikan pelayanan yang baik kepada para pelanggan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa teknologi Telegram Bot Notification dapat memberikan solusi inovatif untuk penyewaan alat outdoor, dan saran untuk pengembangan selanjutnya termasuk pengoptimalan fitur, pengembangan aplikasi mobile, dan peningkatan keamanan sistem. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan inspirasi bagi pengembangan layanan serupa di masa depan. Kata Kunci: BOT, Penyewaan, Telegram, Waiting List, Website
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Pius Dian Widi Anggoro, S.Si., M.Cs., Ph.D |
Uncontrolled Keywords: | BOT, Penyewaan, Telegram, Waiting List, Website |
Subjects: | A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Pengembangan WEB A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi > Program Aplikasi Berbasis WEB |
Divisions: | Jenjang S1 > Informatika (S1) |
Depositing User: | Mr. Andi Setyanto |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 06:20 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 06:20 |
URI: | http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10307 |
Actions (login required)
View Item |