ALVIANINGRUM, ANTE WAHYU - 22/1007/0059/TSD/01 (2023) IMPLEMENTASI BUSINESS INTELLIGENCE DAN K-MEANS CLUSTERING UNTUK MENENTUKAN MEDIA PROMOSI PPDB SMK DIRGANTARA PUTRA BANGSA. Masters thesis, Universitas Teknologi Digital Indonesia.
Text (HALAMAN DEPAN)
1_2210070059TSD01_HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version Download (510kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (46kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Download (196kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (552kB) |
|
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version Download (10kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (149kB) |
Abstract
Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan kegiatan rutin SMK Dirgantara Putra Bangsa untuk menjaring dan memperoleh peserta didik. Kegiatan PPDB ini biasanya didukung dengan kegiatan promosi yang memanfaatkan berbagai macam media promosi. Pada tahun 2021-2022 SMK Dirgantara Putra Bangsa mengalami penurunan jumlah peserta didik yang mendaftarkan diri, hal ini menyebabkan SMK Dirgantara Putra Bangsa harus melakukan inovasi dan berkreasi dalam memilih media promosi yang tepat guna menyebarkan informasi PPDB SMK Dirgantara Putra Bangsa kepada masyarakat luas. Business intelligence merupakan sebuah sistem yang berfungsi untuk mengubah data dalam suatu organisasi menjadi sebuah informasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja dari organisasi tersebut. Sistem informasi business intelligence ini akan menganalisis data di masa lalu, menganalisisnya dan kemudian menggunakan informasi tersebut untuk mendukung keputusan dan perencanaan organisasi. Metode K-means merupakan algoritma clustering yang paling banyak digunakan dalam berbagai aplikasi kecil hingga menengah karena kemudahan dalam implementasinya. K-means meminimalkan sum of squared error (SSE) antara objek-objek data dengan sejumlah centroid. Melalui kolaborasi Business Intelligence dan K-Means clustering diharapkan dapat membantu SMK Dirgantara Putra Bangsa dalam menentukan media promosi yang tepat dan berinovasi melalui media promosi untuk menyebarkan informasi PPDB ke masyarakat luas. Kata Kunci: PPDB, Business intelligence, K-Means clustering, Media PromosI
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Widyastuti Andriyani, S.Kom., M.Kom |
Uncontrolled Keywords: | PPDB, Business intelligence, K-Means clustering, Media PromosI |
Subjects: | A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Sistem Informasi |
Divisions: | Jenjang S2 > Teknologi Informasi (S2) |
Depositing User: | Titis Pratiwi |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 03:22 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 03:22 |
URI: | http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10266 |
Actions (login required)
View Item |