PERANCANGAN PROTOTYPE APLIKASI M-LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR DENGAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS: SMK MUHAMMADIYAH WATUKELIR)

Rahmawati, Annisa (2023) PERANCANGAN PROTOTYPE APLIKASI M-LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR DENGAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS: SMK MUHAMMADIYAH WATUKELIR). Skripsi thesis, UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1_165610119_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version

Download (501kB)
[img] Text
2_165610119_BAB_I.pdf - Published Version

Download (121kB)
[img] Text
3_165610119_BAB_II.pdf - Published Version

Download (244kB)
[img] Text
4_165610119_BAB_III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
5_165610119_BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[img] Text
6_165610119_BAB_V.pdf - Published Version

Download (125kB)
[img] Text
7_165610119_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (113kB)
[img] Text
8_165610119_CARA_MENJALANKAN_PROGRAM.pdf - Published Version

Download (520kB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di SMK Muhammadiyah Watukelir khususnya jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) pada mata pelajaran pemrograman dasar, didapatkan informasi kalau sekolah tersebut tengah berusaha menaikan mutu serta kualitasnya. Salah satunya dengan menyampaikan pembelajaran bermutu kepada peserta didik. Dari permasalahan diatas, maka diperlukan sebuah sistem aplikasi untuk dapat mengatasi masalah belajar siswa. Namun sebelum sistem dibuat, terlebih dahulu dibutuhkan perancangan sebuah prototype user interface (UI) dan user experience (UX), dimana perancangan ini mengimplementasikan metode design thinking. Metode Design Thinking merupakan metode yang berfokus pada pengguna untuk menyelesaikan masalah. Metode ini mencakup serangkaian tahapan diantaranya Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Pada tahap empathize dilakukan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Sedangkan tahap define dan ideate, penulis melakukan pendefinisian masalah dan membuat solusi. Pada tahap prototype, penulis mengimplementasikan hasil dari tahap-tahap sebelumnya ke dalam bentuk desain. Pada tahap test perancangan desain prototype yang akan diuji dengan kuesioner SUS. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini dari 30 responden sebagai calon pengguna aplikasi M-Learning keberhasilan uji coba dari System Usability Scale (SUS) mendapatkan nilai 83. Kata Kunci : prototype, UI/UX, Metode design thinking, SUS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Deborah Kurniawati, S.Kom., M.Cs.,
Uncontrolled Keywords: Prototype, UI/UX, Metode design thinking, SUS
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Bahasa Pemrograman
A Karya Umum (General) > Metode Riset
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi
Divisions: Jenjang S1 > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Mr. Andi Setyanto
Date Deposited: 07 Nov 2023 03:25
Last Modified: 14 Des 2023 03:29
URI: http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10182

Actions (login required)

View Item View Item