ANALISIS KUALITAS LAYANAN APLIKASI KREDIVO MENGGUNAKAN METODE E-SERVICE QUALITY

NUGROHO, PONCO - 195610114 (2023) ANALISIS KUALITAS LAYANAN APLIKASI KREDIVO MENGGUNAKAN METODE E-SERVICE QUALITY. Skripsi thesis, Universitas Teknologi Digital Indonesia.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1_195610114_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version

Download (273kB)
[img] Text (BAB I)
2_195610114_BAB_1 - PONCO NUGROHO.pdf - Published Version

Download (191kB)
[img] Text (BAB II)
3_195610114_BAB_II - PONCO NUGROHO.pdf - Published Version

Download (281kB)
[img] Text (BAB III)
4_195610114_BAB__III - PONCO NUGROHO.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
5_195610114_BAB_IV - PONCO NUGROHO.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
6_195610114_BAB_V - PONCO NUGROHO.pdf - Published Version

Download (91kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_195610114_DAFTAR_PUSTAKA - PONCO NUGROHO.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text (LAMPIRAN PENELITIAN)
8_195610114_LAMPIRAN PENELITIAN ANALISIS.pdf - Published Version

Download (269kB)

Abstract

Aplikasi Kredivo merupakan aplikasi pinjaman online pertama kali yang diluncurkan sebagai penyempurna dari layanan kredivo yang awalnya hanya menyediakan pinjaman online melalui e-commerce. Kredivo memiliki berbagai masalah dan keluhan dari pelanggan terhadap kualitas layanannya, seperti penangguhan permanen aplikasi kredivo, kenaikan limit yang tidak mudah, pelayanan buruk dan tidak bisa melakukan transaksi pinjaman. Hal ini menunjukan bahwa kualitas layanan yang diberikan oleh aplikasi kredivo belum sepenuhnya maksimal yang berpengaruh pada kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna layanan aplikasi Kredivo dari perspektif pelanggan menggunakan metode Eservqual berdasarkan tujuh dimensi yaitu, Efficiency, Fulfilment, Reliability, Privacy, Responsiveness, Compensation, dan contact. Berdasarkan perhitungan CSI masing–masing variabel diperoleh nilai CSI yaitu, Efficiency 71,87945%, Fulfilment 75,02448%, Reliability 75,33966%, Privacy 72,60417%, Responsiveness 72,76049%, Compensation 68,75467%, dan Contact 75,31898% Berdasarkan kriteria CSI bahwa masing-masing variabel tersebut pengguna Aplikasi Kredivo merasa puas, dan Berdasarkan perhitungan seluruh variabel pengolahan data diperoleh hasil bahwa tingkat kualitas layanan Aplikasi Kredivo berada pada level sudah puas dengan nilai CSI sebesar 73,1524% dan berada pada kriteria CSI 66,00%–80,99% yang berarti pelanggan merasa puas dengan layanan Aplikasi Kredivo. Kata Kunci : Analisis, CSI, E-servqual, Kredivo

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Pulut Suryati, S.Kom., M.Cs.
Uncontrolled Keywords: Analisis, CSI, E-servqual, Kredivo
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > E-commerce
Divisions: Jenjang S1 > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Titis Pratiwi
Date Deposited: 05 Jul 2023 04:02
Last Modified: 05 Jul 2023 04:02
URI: http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10003

Actions (login required)

View Item View Item