SUPARNO, DARI (2024) CHATBOT HELPDESK APLIKASI CATAT METER TERPUSAT PLN DENGAN DEEP LEARNING. Masters thesis, Universitas Teknologi Digital Indonesia.
Text (HALAMAN DEPAN)
1_22_1007_0068_TSD_10_HALAMAN_DEPAN..pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
2_22_1007_0068_TSD_10_BAB_I.pdf - Published Version Download (138kB) |
|
Text (BAB II)
3_22_1007_0068_TSD_10_BAB_II.pdf - Published Version Download (203kB) |
|
Text (BAB III)
4_22_1007_0068_TSD_10_BAB_III.pdf - Published Version Download (464kB) |
|
Text (BAB IV)
5_22_1007_0068_TSD_10_BAB_IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
6_22_1007_0068_TSD_10_BAB_V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI)
7_22_1007_0068_TSD_10_BAB_VI.pdf - Published Version Download (108kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_22_1007_0068_TSD_10_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version Download (115kB) |
|
Text (CARA MENJALANKAN PROGRAM)
9_22_1007_0068_TSD_10_CARA_MELAJANKAN_PROGRAM..pdf - Published Version Download (13kB) |
|
Text (LISTING PROGRAM)
10_22_1007_0068_TSD_10_LISTING_PROGRAM.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Aplikasi Catat Meter Terpusat (ACMT) merupakan aplikasi dari PLN pusat yang digunakan oleh petugas catat meter di lapangan. Aplikasi ini terdiri dari dua komponen: aplikasi mobile dan backoffice. Jika pengguna ACMT mengalami kendala, mereka harus mengirimkan email ke helpdesk. Untuk mendapat jawaban, mereka harus menunggu respons dari helpdesk dan technical support, sehingga pengguna ACMT tidak segera mendapatkan solusi atas permasalahan yang terjadi. Chatbot adalah program komputer yang dirancang untuk berinteraksi dengan manusia melalui percakapan teks. Dengan menggunakan kecerdasan buatan dan algoritma pemrosesan bahasa alami, chatbot memahami pertanyaan atau perintah yang diberikan oleh pengguna dan memberikan respons. Maka, chatbot bisa menjadi solusi bagi pengguna ACMT untuk mendapatkan jawaban atas permasalahan yang dialami. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah model chatbot yang dapat membantu helpdesk dan technical support untuk menjawab pertanyaan sesuai dengan standar operasional prosedur yang sudah dibuat. Pengumpulan data didapat dari aplikasi ITSM (IT Service Management) yang kemudian dibuat intents. Untuk framework machine learning dan deep learning, digunakan TensorFlow. Proses pelatihan model menggunakan library itertools untuk menentukan jumlah neuron pada setiap lapisannya. API dibuat menggunakan FastAPI agar mudah diintegrasikan dengan aplikasi lain. Penelitian ini menggunakan tiga lapisan model dengan jumlah neuron yang dioptimalkan menggunakan itertools untuk mencapai ukuran terkecil dan akurasi di atas 80%. Lapisan pertama memiliki 70 neuron, lapisan kedua memiliki 60 neuron, dan model dilatih selama 90 epoch. Hasil dari training, didapatkan akurasi sebesar 96% dengan ukuran model 209.3 KB yang paling optimal. Dari hasil pengujian menggunakan Robot Framework dengan metode memberikan pertanyaan sebanyak 30 pertanyaan yg beda dengan data pelatihan namun mempunyai maksud yang sama, didapatkan akurasi 80%. Kata Kunci: Chatbot, Catat Meter Terpusat, PLN, Deep Learning, helpdesk, Service Desk
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Domy Kristomo,S.T..M.Eng |
Uncontrolled Keywords: | Chatbot, Catat Meter Terpusat, PLN, Deep Learning, helpdesk, Service Desk |
Subjects: | A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi |
Divisions: | Jenjang S2 > Teknologi Informasi (S2) |
Depositing User: | Titis Pratiwi |
Date Deposited: | 01 Okt 2024 03:38 |
Last Modified: | 01 Okt 2024 03:38 |
URI: | http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10517 |
Actions (login required)
View Item |