MAGANG BERSERTIFIKAT KAMPUS MERDEKA QUALITY ASSURANCE PADA GAME JEMPARINGAN ARCHERY DI PT GIT SOLUTION

Danarini, Delima - 165410013 (2024) MAGANG BERSERTIFIKAT KAMPUS MERDEKA QUALITY ASSURANCE PADA GAME JEMPARINGAN ARCHERY DI PT GIT SOLUTION. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA.

[img] Text
1_165410013_HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
2_165410013_BAB I.pdf - Published Version

Download (93kB)
[img] Text
3_165410013_BAB II.pdf - Published Version

Download (292kB)
[img] Text
4_165410013_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
5_165410013_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
6_165410013_BAB V.pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text
7_165410013_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (94kB)
[img] Text
8_165410013_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (303kB)

Abstract

Kebutuhan untuk mengubah aspek kehidupan menjadi produk digital meningkat. Ditambah dengan terjadinya pandemi Covid-19 pada 2020, kebutuhan tersebut semakin meningkat dikarenakan social distancing. Hal itu mendukung terbentuknya Metaverse, yaitu teknologi yang mendukung kegiatan yang biasa dilakukan di dunia nyata untuk dilakukan melalui internet secara virtual, salah satunya jual-beli game VR. VR dapat digunakan untuk mengedukasi, memberikan informasi, serta mensimulasikan dunia nyata kepada pengguna. Hal ini dimanfaatkan oleh pengembang untuk menarik perhatian para calon pengguna. Project ini membahas tentang proses pembuatan dan pengembangan game yang berjudul Jemparingan Archery. Jemparingan Archery adalah game VR berbasis Metaverse yang dikembangkan oleh tim Project Nusawala, yaitu tim yang dibentuk dalam program MBKM di bawah naungan PT GIT Solution. Game ini dikembangkan untuk mempopulerkan panahan tradisional DI Yogyakarta, yaitu jemparingan. Game ini dirancang dengan metode pengembangan Agile, dengan tools Unity untuk programmer dan Blender untuk 3D designer. Sebagai QA, metode yang digunakan dalam pengerjaan game ini adalah metode Game Development Life Cycle(GDLC) dimana penulis mengikuti pengembangan game ini dari awal konsep dibuat hingga game siap untuk dirilis sebagai produk. Project ini menghasilkan aplikasi game Jemparingan Archery dengan kesiapan produk untuk dirilis sebesar 80% dan game ini dapat dimainkan melalui VR Oculus Quest 2 dan HTC Vive. Kata Kunci – Virtual Reality, Metaverse, Jemparingan Archery, Quality Assurance

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Femi Dwi Astuti, S.Kom., M.Cs
Uncontrolled Keywords: Virtual Reality, Metaverse, Jemparingan Archery, Quality Assurance
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Internet
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Game VR
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Arsitektur Komputer
Divisions: Jenjang S1 > Informatika (S1)
Depositing User: Mr. Andi Setyanto
Date Deposited: 05 Jun 2024 08:05
Last Modified: 05 Jun 2024 08:05
URI: http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10380

Actions (login required)

View Item View Item