EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY VIDEO

Lutfi, Nafisatul and Sunardi, Andhina Ika EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY VIDEO. Other. Universitas Teknologi Digital Indonesia.

[img] Text
LAPORAN PENELITIAN VR NAFISA DAN ANDHINA NEW.pdf - Published Version

Download (887kB)

Abstract

Pembelajaran Bahasa berkembang dengan pesat selama masa pandemi Covid-19, berbagai media pembelajaran diperkenalkan seiring dengan pesatnya perkembangan di bidang teknologi di masa itu. Salah satu inovasi yang dibuat adalah pemanfaatan teknologi Virtual Reality. Teknologi ini mampu memberikan pengalamn riil di dunia virtual dengan kemampuannya memberikan kualitas video 360 derajat dan tampilan tiga dimensi seolah-olah sama dengan dunia nyata. Teknologi ini disebut mampu meningkatkan motivasi, interaksi, dan kemampuan Bahasa saat diterapkan dalam pembelajaran Bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui efektifitas penggunaan Virtual Reality Video dalam model pembelajaran Bahasa Inggris di Universitas Teknologi Digital Indonesia. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimental di mana peneliti menerapkan dua metode pembelajaran pada dua kelompok kelas yang berbeda. Satu kelompok menggunakan model pembelajaran Virtual Reality, dan kelompok yang lain menggunakan pembelajaran tradisional. Efektifitas model pembelajaran diukur dengan metode uji statistic nilai dan analisis kuisioner yang diberikan kepada peserta setelah pembelajaran dan pengamatan di kelas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perolehan nilai siswa menggunakan video Virtual Reality lebih tinggi dibandingkan video regular. Hasil kuisioner menunjukkan hasil yang relatif sama, namun video Virtual Reality memiliki sedikit keunggulan dalam hal pengalaman dan motivasi belajar siswa. Kata kunci: virtual reality, pembelajaran Bahasa Inggris, quasi experimental, Technology Enhanced Language Learning

Item Type: Monograph (Other)
Additional Information: Penulis laporan: Nafisatul Lutfi, S.S., M.A. dan Andhina Ika Sunardi, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: virtual reality, pembelajaran Bahasa Inggris, quasi experimental, Technology Enhanced Language Learning
Subjects: D Ilmu Sosial (Social Sciences) > D4 Pendidikan (Education)
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Teknologi Informasi
Divisions: Laporan Penelitian Dan Pengabdian
Depositing User: Titis Pratiwi
Date Deposited: 19 Feb 2024 08:25
Last Modified: 19 Feb 2024 08:25
URI: http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10264

Actions (login required)

View Item View Item