Wijaya, Krisna (2023) PERANCANGAN USER INTERFACE PADA APLIKASI MICROLEARNING BERBASIS WEBSITE DENGAN METODE USER-CENTERED DESIGN. Diploma thesis, Universitas Teknologi Digital Indonesia.
Text
1_203310036_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version Download (870kB) |
|
Text
2_203310036_BAB_1.pdf - Published Version Download (179kB) |
|
Text
3_203310036_BAB_2.pdf - Published Version Download (285kB) |
|
Text
4_203310036_BAB_3.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
|
Text
5_203310036_BAB_4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
6_203310036_BAB_5.pdf - Published Version Download (142kB) |
|
Text
7_203310036_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version Download (187kB) |
Abstract
Proyek akhir ini bertujuan untuk merancang User Interface pada aplikasi microlearning berbasis website. Dengan adanya kebutuhan pengguna akan akses pembelajaran yang fleksibel dan efisien. Melalui perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, aplikasi mobile menjadi sarana yang populer untuk memperoleh pengetahuan. Namun, tantangan tetap ada dalam menyampaikan materi pembelajaran yang efektif dan menarik. Oleh karena itu, tujuan dari proyek akhir ini adalah menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan, interaktif, dan efisien bagi pengguna melalui perancangan User Interface pada aplikasi microlearning. Sistem yang dibangun dalam proyek ini adalah aplikasi microlearning berbasis website. Metode implementasinya melibatkan penggunaan pendekatan User-Centered Design (UCD), yang melibatkan pengguna secara aktif dalam proses perancangan UI. Langkah-langkah perancangan UI meliputi pemahaman kebutuhan pengguna, analisis konteks pengguna, perancangan prototipe UI, dan pengujian UI dengan pengguna. Hasil dari proyek ini adalah rancangan UI yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pengguna untuk aplikasi microlearning berbasis website. UI yang dikembangkan menggabungkan elemen-elemen desain yang intuitif, tampilan yang menarik, dan fitur-fitur interaktif yang mendukung pengalaman pembelajaran yang efektif. Dalam pengujian dengan pengguna, UI mendapatkan umpan balik positif dan dinilai mampu meningkatkan keterlibatan dan motivasi pengguna dalam pembelajaran mikro. Dengan demikian, proyek ini menyimpulkan bahwa perancangan UI pada aplikasi microlearning berbasis website merupakan langkah yang penting dalam meningkatkan pengalaman pembelajaran pengguna. Kata Kunci: Microlearning, website, User-Centered Design, User Interface
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Sumiyatun, S.Kom.,M.Cs. |
Uncontrolled Keywords: | Microlearning, website, User-Centered Design, User Interface |
Subjects: | A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi > Program Aplikasi Berbasis WEB A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi |
Divisions: | Jenjang D3 > Teknologi Komputer (D3) |
Depositing User: | Devita Purna Wati |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 02:51 |
Last Modified: | 06 Nov 2023 02:51 |
URI: | http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10164 |
Actions (login required)
View Item |