MARKETING INTELLIGENCE DALAM MENENTUKAN STRATEGI PROMOSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU DENGAN K-MEANS CLUSTERING

P, B. T. SUTRISNO S (2022) MARKETING INTELLIGENCE DALAM MENENTUKAN STRATEGI PROMOSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU DENGAN K-MEANS CLUSTERING. Masters thesis, Universitas Teknologi Digital Indonesia.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1_19_11_8_MTI-TSD_8_HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (193kB)
[img] Text (BAB I)
2_19_11_8_MTI-TSD_8_BAB 1.pdf - Published Version

Download (117kB)
[img] Text (BAB II)
3_19_11_8_MTI-TSD_8_BAB 2.pdf - Published Version

Download (60kB)
[img] Text (BAB III)
4_19_11_8_MTI-TSD_8_BAB 3.pdf - Published Version

Download (373kB)
[img] Text (BAB IV)
5_19_11_8_MTI-TSD_8_BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text (BAB V)
6_19_11_8_MTI-TSD_8_BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (675kB)
[img] Text (BAB VI)
7_19_11_8_MTI-TSD_8_BAB 6.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text (BAB VII)
8_19_11_8_MTI-TSD_8_BAB 7.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)
[img] Text (KESIMPULAN)
9_19_11_8_MTI-TSD_8_BAB 8-KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_19_11_8_MTI-TSD_8_PUSTAKA(1).pdf - Published Version

Download (156kB)

Abstract

Pada era globalisasi seperti saat ini, kebutuhan sarana teknologi informasi untuk mendukung keberhasilan sebuah organisasi sangatlah besar. Penggunaan teknologi informasi yang awalnya hanya sebagai sarana untuk mempermudah kebutuhan administrasi organisasi, saat ini digunakan hampir di semua layanan, bahkan pada beberapa kegiatan yang sangat kompleks untuk memajukan organisasi, salah satunya dalam mendukung kegiatan pemasaran dan promosi. Sebagai Perguruan Tinggi Swasta yang sedang berkembang, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (Unjaya) masih bertumpu pada jumlah mahasiswa, yang diketahui belum stabil dan cenderung terus menurun. Penelitian ini berfokus pada Marketing Intelligence mengunakan data mahasiswa baru Unjaya tahun 2014-2018 dengan metode K-Means Clustering dan Confusion Matrix. Hasilnya dapat disimpulkan bahwa metode K-Means Clustering dan Confusion Matrix dapat digunakan oleh para pemangku kepentingan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk menentukan klaster-klaster dari mahasiswa baru Unjaya, dan dari klaster-klaster tersebut kemudian dapat diambil beberapa alternatif yang dapat digunakan oleh para pemangku kepentingan PMB Unjaya dalam menentukan target promosi agar target jumlah mahasiswa baru yang direncanakan tercapai. Kata kunci: Business Intelligence, Marketing Intelligence, Penerimaan Mahasiswa Baru, K-Means Clustering, Confusion Matrix, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta, Strategi Promosi

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Widyastuti Andriyani, S.Kom., M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Business Intelligence, Marketing Intelligence, Penerimaan Mahasiswa Baru, K-Means Clustering, Confusion Matrix, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta, Strategi Promosi
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Algoritma
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence)
Divisions: Program Pasca Sarjana > S2-Teknologi Informasi
Depositing User: Titis Pratiwi
Date Deposited: 31 Mar 2022 03:47
Last Modified: 28 Jul 2022 03:30
URI: http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/9631

Actions (login required)

View Item View Item