MEDIA BELAJAR GAMELAN JAWA SECARA MULTIPLAYER MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

ANTORO, AGUNG BUDI - 145410165 (2022) MEDIA BELAJAR GAMELAN JAWA SECARA MULTIPLAYER MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, Universitas Teknologi Digital Indonesia.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1_145410165_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version

Download (394kB)
[img] Text (BAB I)
2_145410165_BAB_I - Agung Budiantoro.pdf - Published Version

Download (47kB)
[img] Text (BAB II)
3_145410165_BAB_II - Agung Budiantoro.pdf - Published Version

Download (342kB)
[img] Text (BAB III)
4_145410165_BAB_III - Agung Budiantoro.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
5_145410165_BAB_IV - Agung Budiantoro.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
6_145410165_BAB_V - Agung Budiantoro.pdf - Published Version

Download (39kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_145410165_DAFTAR_PUSTAKA - Agung Budiantoro.pdf - Published Version

Download (95kB)
[img] Text (CARA MENJALANKAN PROGRAM)
8_145410165_CARA_MENJALANKAN_PROGRAM - Agung Budiantoro.pdf - Published Version

Download (356kB)
[img] Text (LISTING PROGRAM)
9_145410165_LISTING_PROGRAM - Agung Budiantoro.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_145410165_LAMPIRAN - Agung Budiantoro.pdf - Published Version

Download (583kB)

Abstract

Gamelan jawa merupakan alat musik tradisional asli yang berasal dari Indonesia yang dalam perkembangannya perlu dilestarikan. Dalam pelestariannya bidang pendidikan berperan dimulai dengan tingkat sekolah dasar dengan memasukkanya dalam mata pelajaran ataupun ekstrakulikuler. Namun dalam praktiknya tidak semua sekolah dapat mewujudkannya karena keterbatasan perangkat gamelan. Dengan memanfaatkan peluang perkembangan teknologi saat ini dibuatlah aplikasi yang dapat digunakan untuk bermain gamelan menggunakan teknologi augmented reality dengan fitur multiplayer menggunakan layanan server dari Photon Unity Networking. Pengujian dilakukan untuk mendapatkan waktu tunda minimal & pengalaman bermain mendekati realitas nyata. Diharapkan penelitian dapat memberikan pemikiran ilmiah terhadap teknologi yang digunakan. Aplikasi pada penelitian ini berbasis android dibangun menggunakan Unity dengan Bahasa pemrograman C#. Dengan memanfaatkan library Vuforia untuk augmented reality dan server multiplayer mengunakan Photon Unity Networking. Dihasilkan program aplikasi yang dapat digunakan untuk bermain gamelan dalam bentuk augmented reality secara multiplayer dalam suatu jaringan. Kata kunci : Augmented Reality, Gamelan, Multiplayer, Photon Unity Networking, Unity3D, Vuforia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Pius Dian Widi Anggoro, S.Si, M.Cs
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Gamelan, Multiplayer, Photon Unity Networking, Unity3D, Vuforia.
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi > Program Aplikasi Android
Divisions: Jenjang Strata Satu > Teknik Informatika (Informatic Engineering)
Depositing User: Titis Pratiwi
Date Deposited: 02 Mar 2022 06:50
Last Modified: 02 Mar 2022 06:51
URI: http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/9536

Actions (login required)

View Item View Item