SISTEM PENERIMAAN PEKERJAAN TEKNISI KOMPUTER DENGAN NOTIFIKASI ORDER MENGGUNAKAN TELEGRAM (STUDI KASUS RSUP DR. SARDJITO)

RISMIYATI, - 165410108 (2021) SISTEM PENERIMAAN PEKERJAAN TEKNISI KOMPUTER DENGAN NOTIFIKASI ORDER MENGGUNAKAN TELEGRAM (STUDI KASUS RSUP DR. SARDJITO). Skripsi thesis, Universitas Teknologi Digital Indonesia.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1_165410108_HALAMAN_DEPAN - Rismiyati.pdf - Published Version

Download (344kB)
[img] Text (BAB I)
2_165410108_BAB_I - Rismiyati.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text (BAB II)
3_165410108_BAB_II - Rismiyati.pdf - Published Version

Download (150kB)
[img] Text (BAB III)
4_165410108_BAB_III - Rismiyati.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (982kB)
[img] Text (BAB IV)
5_165410108_BAB_IV - Rismiyati.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (908kB)
[img] Text (BAB V)
6_165410108_BAB_V - Rismiyati.pdf - Published Version

Download (561kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_165410108_DAFTAR_PUSTAKA - Rismiyati.pdf - Published Version

Download (460kB)
[img] Text (CARA MENJALANKAN PROGRAM)
8_165410108_CARA_MENJALANKAN_PROGRAM - Rismiyati.pdf - Published Version

Download (102kB)
[img] Text (LISTING PROGRAM)
9_165410108_LISTING_PROGRAM - Rismiyati.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)

Abstract

RSUP Dr. Sardjito senantiasa mengembangkan sistem informasi rumah sakit dan meningkatkan jumlah peralatan pengolah data untuk memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna. Pengelolaan sarana dan prasarana sistem informasi dilakukan oleh teknisi komputer. Mekanisme penerimaan pekerjaan teknisi yang dilakukan melalui telepon menyebabkan informasi permintaan pekerjaan kurang cepat tersampaikan kepada teknisi lapangan, pembagian pekerjaan belum merata, tindakan dan penggunaan alat kurang terdokumentasi. Sehingga diperlukan sistem yang dapat digunakan untuk medokumentasi dan memonitoring permintaan pekerjaan divisi Hardware dan Jaringan yang dapat meningkatkan kinerja teknisi komputer. Kebijakan penggunaan telegram sebagai media komunikasi internal rumah sakit, dimanfaatkan untuk mengatasi masalah penyampaian informasi pekerjaan kepada teknisi. Sistem ini dibuat berbasis web yang terhubung dengan telegram bot dengan metode webhook. Pengembangan perangkat lunak menggunakan metode Waterfall dan Unified Modelling Language (UML) sebagai metode perancangan sistem. Notifikasi pengingat pekerjaan yang tertunda dikirimkan ke telegram bot secara berkala menggunakan cron jobs. Metode blackbox digunakan untuk menguji fungsionalitas sistem dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini menghasilkan aplikasi penerimaan pekerjaan teknisi komputer yang dapat digunakan untuk mencatat serangkaian pekerjaan teknisi komputer mulai dari proses penerimaan, tindakan, penggunaan sparepart hingga lembar kerja sebagai bukti pekerjaan teknisi. Telegram bot memberikan notifikasi status pekerjaan serta informasi ketersediaan stok sparepart, aset dan satuan kerja secara interaktif. Aplikasi ini dapat dijadikan acuan dalam penyusunan logbook serta media informasi terkait pekerjaan teknisi komputer. Kata kunci: notifikasi, teknisi, telegram bot, webhook, work order.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Adi Kusjani, S.T., M.Eng.
Uncontrolled Keywords: notifikasi, teknisi, telegram bot, webhook, work order.
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Pola Pengenalan Komputer (Pattern Recognation)
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Sistem Informasi
Divisions: Jenjang Strata Satu > Teknik Informatika (Informatic Engineering)
Depositing User: Titis Pratiwi
Date Deposited: 19 Jan 2022 08:22
Last Modified: 21 Jan 2022 01:36
URI: http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/9505

Actions (login required)

View Item View Item