IMPLEMENTASI VUFORIA PADA APLIKASI AUGMENTED-REALITY PEMBELAJARAN SISTEM TATA SURYA

Putra, Laurentius Rezaldi Pradana - 175410043 (2021) IMPLEMENTASI VUFORIA PADA APLIKASI AUGMENTED-REALITY PEMBELAJARAN SISTEM TATA SURYA. Skripsi thesis, STMIK AKAKOM YOGYAKARTA.

[img] Text
1_175410043_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
2_175410043_BAB_I - Laurentius Rezaldi.pdf - Published Version

Download (251kB)
[img] Text
3_175410043_BAB_II - Laurentius Rezaldi.pdf - Published Version

Download (523kB)
[img] Text
4_175410043_BAB_III - Laurentius Rezaldi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
5_175410043_BAB_IV - Laurentius Rezaldi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
6_175410043_BAB_V - Laurentius Rezaldi.pdf - Published Version

Download (309kB)
[img] Text
7_175410043_DAFTAR_PUSTAKA - Laurentius Rezaldi.pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text
8_175410043_CARA_MENJALANKAN_APLIKASI - Laurentius Rezaldi.pdf - Published Version

Download (307kB)
[img] Text
9_175410043_LISTING_PROGRAM - Laurentius Rezaldi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
publikasi - Laurentius Rezaldi.pdf - Published Version

Download (86kB)

Abstract

Augmented reality (AR) adalah jenis teknologi interaktif menggabungkan benda nyata dan virtual yang akan menghasilkan objek 3D yang akan ditampilkan pada layar. Augmented reality yang telah diaplikasikan memiliki cara kerja berdasarkan deteksi citra atau gambar dan biasa disebut marker, dengan menggunakan kamera smartphone kemudian mendeteksi marker yang telah di dicetak. Augmented reality banyak digunakan di berbagai bidang, salah satunya bidang pendidikan. Pada bidang pendidikan augmented reality digunakan sebagai media pembelajaran agar lebih menarik. Teknologi augmented reality ini dapat diterapkan dalam media pembelajaran tata surya. Penggunaan teknologi augmented reality diharapkan bisa menampilkan objek berupa objek planet secara virtual 3D dengan menggunakan gambar yang dijadikan marker. Marker yang dideteksi oleh kamera pada smartphone android akan menampilkan objek 3D, sehingga pengguna aplikasi dapat mengamati bagaimana bentuk dan karakteristik planet secara secara realtime. Pembuatan aplikasi ini dibangun menggunakan software Unity 3D. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah layak dan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media pembelajaran Tata Surya. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase skor validasi rata-rata ahli media yaitu 84,99%. Keterbatasan yang ditemui dilapangan adalah pencahayaan ruangan yang kurang sehingga menyebabkan marker sulit untuk dideteksi, oleh karena itu peneliti menyarankan agar pengguna menambahkan pencahayaan seperti lampu agar pengguna dapat mendapatkan pengalaman pengunaan aplikasi secara maksimal. Kata Kunci: Augmented reality, Media Pembelajaran, Tata Surya , Unity 3D.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : M. Agung Nugroho, S.Kom., M.Kom
Uncontrolled Keywords: Augmented reality, Media Pembelajaran, Tata Surya , Unity 3D
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Analisis Sistem
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Bahasa Pemrograman
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi
Divisions: Jenjang Strata Satu > Teknik Informatika (Informatic Engineering)
Depositing User: Mr. Andi Setyanto
Date Deposited: 24 Nov 2021 02:46
Last Modified: 24 Nov 2021 02:46
URI: http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/9473

Actions (login required)

View Item View Item