APLIKASI EDUKASI PENGENALAN KAPAL PERANG MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN LIBRARY VUFORIA

Satriawan, Agis - 175410130 (2021) APLIKASI EDUKASI PENGENALAN KAPAL PERANG MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN LIBRARY VUFORIA. Skripsi thesis, STMIK AKAKOM Yogyakarta.

[img] Text
1_175410130_HALAMAN_DEPAN - Commander Ghost.pdf - Published Version

Download (325kB)
[img] Text
2_175410130_BAB _I - Commander Ghost.pdf - Published Version

Download (156kB)
[img] Text
3_175410130_BAB_II - Commander Ghost.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text
4_175410130_BAB_III - Commander Ghost.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text
5_175410130_BAB_IV - Commander Ghost.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6_175410130_BAB_V - Commander Ghost.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text
7_175410130_DAFTAR_PUSTAKA - Commander Ghost.pdf - Published Version

Download (19kB)
[img] Text
8_NIM_CARA_MENJALANKAN_PROGRAM - Commander Ghost.pdf - Published Version

Download (387kB)
[img] Text
9_175410130_LISTING_PROGRAM - Commander Ghost.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text
175410130 Surat Keterangan Persetujuan Publikasi - Commander Ghost.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text
Surat Pernyataan Persetujuan Naskah dari Dosen Penguji dan Dosen Pembimbing - Commander Ghost.pdf - Published Version

Download (63kB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi komputer dan teknologi informasi, mampu memberikan kemudahan dalam mengelola dan menjalankan suatu kegiatan terutama meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia salah satunya adalah pendidikan sejarah maritim. Bagaimana mengenalkan objek kapal perang pada pelajar dalam bentuk aplikasi edukasi melalui penggunaan teknologi Augmented Reality dengan Library Vuforia dan smartphone sebagai sarana atau media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan membuat aplikasi edukasi bernama “Aplikasi Edukasi Augmented Reality Kapal Perang” berbasis Android dengan menggunakan Unity 3D dan C# sebagai bahasa pemrograman. Library yang digunakan pada penelitian ini adalah Library Vuforia dengan implementasi Marker Based Tracking dimana Scan Area sebagai titik letak objek kapal perang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan hasil dari proses pengembangan teknologi Augmented Reality dengan Library Vuforia dan impelementasi berupa aplikasi edukasi dalam konsep pembelajaran sejarah maritim melalui pengenalan sejarah kapal perang. Hasil yang didapat setelah menggunakan aplikasi ini adalah meningkatkan minat baca untuk pelajar sekolah SMP Negeri 1 Tanjung Palas khusus nya di pelajaran yang kurang diminati yaitu sejarah maritim berupa kuisioner dan uji realibilitas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah salah satu inovasi yang bisa meningkatkan minat baca sekaligus memberikan pengalaman baru dalam belajar dengan memanfaatkan teknologi Augemented Reality di dunia pendidikan bagi pelajar sekolah SMP Negeri 1 Tanjung Palas. Kata Kunci : Augmented Reality, Unity 3D, Vuforia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Edi Iskandar. S.T., M.Cs.
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Unity 3D, Vuforia
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Bahasa Pemrograman
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Database
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi
Divisions: Jenjang Strata Satu > Teknik Informatika (Informatic Engineering)
Depositing User: Denis Wahyudi, A.Md.
Date Deposited: 22 Nov 2021 06:39
Last Modified: 22 Nov 2021 06:39
URI: http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/9467

Actions (login required)

View Item View Item