PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENCARI POLA PENJUALAN DI CAFE (STUDI KASUS : SITTICHAI THAILAND FOOD & MANGOS CAFE)

Tofan, Deny - 165610035 (2021) PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENCARI POLA PENJUALAN DI CAFE (STUDI KASUS : SITTICHAI THAILAND FOOD & MANGOS CAFE). Skripsi thesis, STMIK AKAKOM YOGYAKARTA.

[img] Text
1_165610035_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version

Download (323kB)
[img] Text
2_165610035_BAB_I.pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text
3_165610035_BAB_II.pdf - Published Version

Download (267kB)
[img] Text
4_165610035_BAB_III.docx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (892kB)
[img] Text
5_165610035_BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img] Text
6_165610035_BAB_V.pdf - Published Version

Download (93kB)
[img] Text
7_165610035_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text
8_165610035_CARA_MENJALANKAN_PROGRAM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text
9_165610035_LISTING_PROGRAM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
10_165610035_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (102kB)

Abstract

Promosi yang efektif dapat meningkatkan angka penjualan. Untuk menentukan dan mengembangkan promosi agar lebih terarah dan tepat sasaran, kafe perlu mengidentifikasi pasar sasaran dan motif membeli. Salah satu cara untuk mengenai kondisi pasar adalah mengetahui selera beli konsumen, yang dapat diamati melalui data-data transaksi pembelian. Algoritma apriori dapat dimanfaatkan dalam proses penjualan, dengan memberikan hubungan antar data penjualan, dalam hal ini adalah makanan atau minuman yang dipesan sehingga akan didapat pola pembelian konsumen. Pihak kafe dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk mengambil tindakan bisnis yang sesuai, dalam hal ini informasi dapat menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan strategi penjualan selanjutnya. Dengan menggunakan data mining yaitu market basket analysis dan algoritma apriori, dihasilkan aturan asosiasi yang menunjukan pola beli konsumen dan seberapa kuat suatu item mempengaruhi item lain. Dari hasil Analisa dan pengujian telah dilakukan uji coba system sebanyak tiga kali menggunakan data transaksi kafe Sittichai Thailand Food & Mangos Cafe selama periode tahun 2019-2020 dengan merubah parameter minimum support dan minimum confidence maka dapat disimpulkan kombinasi menu item yang dapat di buat untuk proses pengembangan promosi menjadi menu paket yaitu mango sticky rice dan mango smoothies.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Deborah Kurniawati, S.Kom., M.Cs
Uncontrolled Keywords: Algoritma, apriori, pola penjualan
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Algoritma
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Sistem Informasi
Divisions: Jenjang Strata Satu > Sistem Informasi (Information System)
Depositing User: Mr. Andi Setyanto
Date Deposited: 17 Nov 2021 08:33
Last Modified: 22 Nov 2021 03:40
URI: http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/9447

Actions (login required)

View Item View Item