VISUALISASI OBJEK 3D UNTUK MATERI PELAJARAN SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA

Marzuki, Usman Ali - 185410182 (2021) VISUALISASI OBJEK 3D UNTUK MATERI PELAJARAN SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA. Skripsi thesis, STMIK AKAKOM Yogyakarta.

[img] Text
1_185410182_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version

Download (244kB)
[img] Text
2_185410182_BAB_I - tsu zuki.pdf - Published Version

Download (92kB)
[img] Text
3_185410182_BAB_II - tsu zuki.pdf - Published Version

Download (254kB)
[img] Text
4_185410182_BAB_III - tsu zuki.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text
5_185410182_BAB_IV - tsu zuki.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (901kB) | Request a copy
[img] Text
6_185410182_BAB_V - tsu zuki.pdf

Download (13kB)
[img] Text
7_185410182_DAFTAR_PUSTAKA - tsu zuki.pdf - Published Version

Download (72kB)
[img] Text
8_185410182_CARA_MENJALANKAN_PROGRAM - tsu zuki.pdf - Published Version

Download (884kB)
[img] Text
9_185410182_LISTING_PROGRAM - tsu zuki.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text
10_LAMPIRAN - tsu zuki.pdf - Published Version

Download (564kB)

Abstract

Dalam mengimplementasi Objek 3D sebagai media pembelajaran, dibutuhkan suatu aplikasi multimedia yang dapat memuat objek 3D. Objek 3D sendiri memiliki beberapa format file seperti dae, obj dan fbx. Format file tersebut dapat diuji coba pada aplikasi dengan melihat perbandingannya untuk mendapat format 3D yang optimal untuk digunakan pada aplikasi media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan objek 3D sebagai media pembelajaran dan membandingkan format file 3D yang optimal pada aplikasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan media yang dapat menggambarkan tahapan dalam mengimplementasi objek 3D ke dalam aplikasi multimedia. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan melalui studi pustaka. Pengujian aplikasi dilakukan pada perangkat komputer dengan spesifikasi minimum dengan mengukur tingkat optimasi aplikasi berdasarkan rata-rata fps yang dihasilkan masing-masing halaman yang memuat visual 3D. Hasil dari penelitian berupa aplikasi media pembelajaran 3D sistem ekskresi pada manusia dan format file DAE sebagi konten 3D yang optimal untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Terdapat perbedaan FPS pada masing-masing format file 3D yang digunakan dan menghasilkan format DAE dengan nilai fps paling optimal. Selain itu didapatkan data perbandingan ukuran aplikasi yang memuat objek 3D dengan format file berbeda dengan hasil format DAE menghasilkan ukuran paling rendah. Kata kunci : 3D, Format File Objek 3D, Media Pembelajaran, Multimedia, Sistem Ekskresi Pada Manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sri Redjeki, S.Si., M.Kom.
Uncontrolled Keywords: 3D, Format File Objek 3D, Media Pembelajaran, Multimedia, Sistem Ekskresi Pada Manusia.
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Data Enkripsi
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Sistem Operasi (Operating System)
Divisions: Jenjang Strata Satu > Teknik Informatika (Informatic Engineering)
Depositing User: Denis Wahyudi, A.Md.
Date Deposited: 12 Nov 2021 03:18
Last Modified: 12 Nov 2021 03:18
URI: http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/9424

Actions (login required)

View Item View Item