Maliki, Zaki - 175410175 (2021) IMPLEMENTASI CHATBOT MENGGUNAKAN METODE NATURAL LANGUAGE PROCESSING (STUDI KASUS SMK KHOZINATUL ULUM TODANAN). Skripsi thesis, STMIK AKAKOM Yogyakarta.
Text
1_175410175_HALAMAN_DEPAN - Zaki Maliki.pdf - Published Version Download (340kB) |
|
Text
2_175410175_BAB_I - Zaki Maliki.pdf - Published Version Download (131kB) |
|
Text
3_175410175_BAB_II - Zaki Maliki.pdf - Published Version Download (120kB) |
|
Text
4_175410175_BAB_III - Zaki Maliki.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (364kB) | Request a copy |
|
Text
5_175410175_BAB_IV - Zaki Maliki.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (864kB) | Request a copy |
|
Text
6_175410175_BAB V_Zaki Maliki.pdf - Published Version Download (91kB) |
|
Text
7_175410175_DAFTAR_PUSTAKA - Zaki Maliki(1).pdf - Published Version Download (93kB) |
|
Text
8_CARA_MENJALANKAN_PROGRAM - Zaki Maliki.pdf - Published Version Download (193kB) |
|
Text
9_175410175_LISTING_PROGRAM - Zaki Maliki.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (192kB) | Request a copy |
|
Text
10_LAMPIRAN - Zaki Maliki.pdf - Published Version Download (211kB) |
Abstract
Chatbot dengan nama lain chatterbot merupakan sebuah layanan obrolan robot/tokoh virtual dengan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligent) yang menirukan percakapan manusia melalui pesan suara, obrolan teks ataupun keduanya. Saat ini teknologi artificial intelligence (AI) berkembang sangat cepat, tidak hanya untuk membantu dalam membangun robot chat tetapi juga sangat membantu dalam mengatur dan menyusun pengetahuan untuk melakukan tugas-tugas seperti peringkasan otomatis, penerjemahan, pengenalan entitas (kategorisasi), ekstraksi relasi, sentimen analisis, pengenalan bahasa, dan segmentasi topik menggunakan NLP (Natural Language Processing). NLP adalah bagian dari AI yang membantu komputer untuk menganalisis, memahami, dan memperoleh makna dari bahasa manusia dengan cara yang cerdas. Dengan mengunakan metode NLP, pengembangan chatbot dapat lebih efisien dan ringkas dengan hasil yang mampu beradaptasi karena sistem chatbot telah dilatih dengan model dan dataset yang berkaitan dengan konteks penggunaannya, sehingga pengetahuan chatbot tersebut dapat terus berkembang layaknya manusia. Katra kunci : Chatbot, NLP, AI
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Endang Wahyuningsih, S.Kom., M.Cs. |
Uncontrolled Keywords: | Chatbot, NLP, AI |
Subjects: | A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Algoritma A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence) |
Divisions: | Jenjang Strata Satu > Teknik Informatika (Informatic Engineering) |
Depositing User: | Denis Wahyudi, A.Md. |
Date Deposited: | 06 Okt 2021 03:26 |
Last Modified: | 06 Okt 2021 03:26 |
URI: | http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/9415 |
Actions (login required)
View Item |