RANCANG BANGUN VENDING MACHINE BERBASIS IO

Saputra, Yulius Edo (2021) RANCANG BANGUN VENDING MACHINE BERBASIS IO. Diploma thesis, STMIK AKAKOM YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1_183310005_HALAMAN_DEPAN - Julius Edo Saputra.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_183310005_BAB_I - Julius Edo Saputra.pdf - Published Version

Download (834kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_183310005_BAB_II - Julius Edo Saputra.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img] Text
4_183310005_BAB_III - Julius Edo Saputra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[img] Text
5_183310005_BAB_IV - Julius Edo Saputra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (959kB)
[img]
Preview
Text
6_183310005_BAB_V - Julius Edo Saputra.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7_183310005_DAFTAR_PUSTAKA - Julius Edo Saputra.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8_183310005_CARA_MENJALANKAN_PROGRAM - Julius Edo Saputra.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img] Text
9_183310005_LISTING_PROGRAM - Julius Edo Saputra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img]
Preview
Text
10_183310005_LAMPIRAN - Julius Edo Saputra.pdf - Published Version

Download (621kB) | Preview

Abstract

Pembuatan proyek akhir ini dimaksudkan untuk membuat Vending Machine yang memanfaatkan koneksi internet pada penjualan dan monitoring. Pada penjualan menggunakan aplikasi blynk untuk memilih produk yang dijual dan pada monitoring menggunakan aplikasi telegram untuk mengirimkan pesan ketika produk habis dan untuk mengecek ketersediaan stok. Pembuatan Vending Machine bertujuan untuk memudahkan pengelola dalam melakukan monitoring sedangkan dari sisi konsumen dapat memilih produk melalui smart phone. Vending Machine ini menggunakan beberapa perangkat untuk proses transaksi antara aplikasi dan vending machine. NodeMCU digunakan sebagai modul wifi. IR Obstacle Avoidance Sensor digunakan untuk mendeteksi ketersediaan produk. Motor servo digunakan sebagai penggerak yang akan menjatuhkan produk yang dipilih. LCD I2C digunakan sebagai display proses transaksi. Kerangka Vending Machine akan dibuat dengan menggunakan bahan kayu mdf dengan ukuran Panjang 30cm , lebar 20cm , dan tinggi 20cm. Hasil dari pengujian yang telah dilakukan adalah pembeli dapat memilih produk yang diinginkan melalui smart phone. Vending Machine dapat mengirim pesan ketika terdapat produk yang habis dan pemilik Vending Machine dapat memonitoring ketersediaan stok. Kata Kunci : Node MCU , IR Obstacle Avoidance Sensor , Blynk , Telegram

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Adi Kusjani, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: Pembimbing : Adi Kusjani, S.T., M.T
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Bahasa Pemrograman
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi
Divisions: Jenjang Diploma Tiga > Teknik Komputer (Computer Engineering)
Depositing User: Mr. Andi Setyanto
Date Deposited: 24 Sep 2021 02:46
Last Modified: 24 Sep 2021 02:46
URI: http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/9397

Actions (login required)

View Item View Item