Sakti, Bima Eka - 145610081 (2021) ANALISIS PERBANDINGAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP SISTEM INFORMASI E-COMMERCE PADA SHOPEE DAN TOKOPEDIA BERBASIS MOBILE APPS. Skripsi thesis, STMIK AKAKOM YOGYAKARTA.
|
Text
1_145610081_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version Download (743kB) | Preview |
|
|
Text
2_145610081_BAB_I.pdf - Published Version Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
3_145610081_BAB_II.pdf - Published Version Download (345kB) | Preview |
|
Text
4_145610081_BAB_III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
|
Text
5_145610081_BAB_IV.pdf - Published Version Download (516kB) | Preview |
|
|
Text
6_145610081_BAB_V.pdf - Published Version Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
7_145610081_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
8_145610081_LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan kepuasan konsumen terhadap sistem informasi e-commerce pada Shopee dan Tokopedia berbasis mobile apps. Jenis penelitian ini adalah mixed methods dengan perpaduan model kualitatif deskriptif dan kuantitatif berupa data kualitatif yang diangkakan. Subjek dalam penelitian ini adalah konsumen pengguna aplikasi mobile untuk e-Commerce Shopee dan Tokopedia. Responden yang berjumlah 100 orang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket. Uji kelayakan instrumen angket menggunakan uji validitas Product Momen Pearson dan uji reliabilitas menggunakan nilai Cronbach’s Alpha. Uji validitas dan reliabilitas menggunakan software SPSS. Data Kualitatif dianalisis menggunakan teknik data reduction, data display dan conclusion verification. Data kuantitatif dianalisis dengan terlebih dahulu mengkonversikan data kualitatif ke dalam bentuk kuantitatif, setelah itu dilakukan uji normalitas Shapiro Wilk menggunakan software SPSS. Kemudian, dilakukan Uji Beda menggunakan Uji Wilcoxon dikarenakan data tidak terdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan 100 responden diketahui bahwa prosentase Shopee (47%), Tokopedia (12%), Keduanya (31%) dan Tidak Keduanya (9%), sehingga dapat disimpulkan bahwa Shopee lebih unggul dari Tokopedia. Secara terpisah, berdasarkan hasil pengolahan data, terdapat perbedaan yang signifikan antara data prosentase kepuasan konsumen terhadap Shopee dan Tokopedia. Rata-rata kepuasan kosumen untuk Shopee adalah sebesar 82% dari 100 responden, sedangkan rata-rata kepuasan konsumen untuk Tokopedia adalah sebesar 40% dari 100 responden yang sama. Kata kunci: e-commerce, perbandingan kepuasan, shopee, tokopedia
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dara Kusumawati, S.E., M.M |
Uncontrolled Keywords: | E-commerce, perbandingan kepuasan, shopee, tokopedia |
Subjects: | A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Internet A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Bahasa Pemrograman A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Sistem Informasi |
Divisions: | Jenjang Strata Satu > Sistem Informasi (Information System) |
Depositing User: | Mr. Andi Setyanto |
Date Deposited: | 10 Mar 2021 02:59 |
Last Modified: | 10 Mar 2021 02:59 |
URI: | http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/9165 |
Actions (login required)
View Item |