PERBANDINGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE DENGAN METODE EVALUASI HEURISTIK PADA APLIKASI TRANSPORTASI ONLINE (STUDI KASUS : GOJEK DAN GRAB)

Rifaldi, Muhammad Redho Isra - 185610037 (2021) PERBANDINGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE DENGAN METODE EVALUASI HEURISTIK PADA APLIKASI TRANSPORTASI ONLINE (STUDI KASUS : GOJEK DAN GRAB). Skripsi thesis, STMIK AKAKOM YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1_185610037_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version

Download (694kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_185610037_BAB_I.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_185610037_BAB_II.pdf - Published Version

Download (643kB) | Preview
[img] Text
4_185610037_BAB_III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img] Text
5_185610037_BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
6_185610037_BAB_V.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7_185610037_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8_185610037_KUESIONER_DAN_REKAP_DATA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
9_185610037_HASIL_PENGUKURAN_UJI.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Gojek dan Grab merupakan sebuah terobosan baru dalam perkembangan teknologi, sebuah Startup yang berhasil mencapai nilai valuasi sebesar lebih dari 10 Milliar USD. Kedua aplikasi ini merupakan sebuah teknologi yang melayani jasa angkut secara online, tidak hanya jasa angkut tetapi sekarang sudah tersedia berbagai jenis jasa yang ditawari mulai dari membeli makanan atau barang, melakukan pembayaran, mengirim paket maupun membeli berbagai jenis obat dan vitamin. Dengan jumlah pengunduh lebih dari 5 Juta unduhan yaitu Gojek dengan lebih dari 5 Juta unduhan dan Grab mempunyai lebih dari 10 Juta unuduhan, membuat pengembang terus memberikan sebuah pengalaman yang terbaik untuk pengguna aplikasi, baik itu pengalaman menggunakan jasa atau pengalaman dalam penggunaan aplikasi. Dalam hal pengalaman penggunaan aplikasi terdapat dua sisi terpenting dari sebuah aplikasi yaitu User Interface dan User Experience yang berperan penting untuk menarik daya pikat pengguna. Walaupun kedua aplikasi ini memiliki tujuan yang sama tetapi pengalaman pengguna dalam User Interface dan User Experience pasti berbeda antar pengguna. Untuk mendapatkan nilai pengalaman pengguna, penelitian ini menggunakan metode kuesioner dengan responden yang pernah menggunakan atau sedang menggunakan kedua aplikasi ini serta jumlah harapan yaitu 10000 Responden melalui media social dan hasil kuesioner akan dioleh menggunakan dua cara yaitu manual dan aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui nilai pengalaman User Interface dan User Experience dari pengguna aplikasi Gojek dan Grab. Penelitian ini menggunakan metode yang digunakan adalah Metode Evaluasi Heuristik dan aplikasi yang digunakan yaitu SPSS versi 25 sebagai program aplikasi yang akan mengola data penelitian dan terdapat dua pengukuran Uji yaitu Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian, dari hasil pengelolaan data kuesioner User Interface dan User Experience Gojek memiliki nilai yang lebih baik dibandingkan Grab baik dari pengukuran Uji Validitas dan Uji Reliabilitas yang membuktikan jumlah unduhan yang lebih banyak tidak mempengaruhi nilai pengalaman dari pengguna. Berdasarkan hasil dari penelitian, penelitian ini berupaya memberikan sebuah manfaat bagi pengguna dalam meningkatkan kepercayaan dalam menggunakan sebuah aplikasi serta memberikan sebuah pengalaman baru dan untuk pengembang, yaitu memberikan sebuah informasi dalam meningkatkan performa dari aplikasi. Kata Kunci : Kuesioner, Responden, User Interface, User Experience, Gojek, Grab, Evaluasi Heuristik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Deborah Kurniawati, S.Kom., M.Cs
Uncontrolled Keywords: Respondents, User Interface, User Experience, Gojek, Grab, Heuristic Evaluation
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Internet
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence)
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi
Divisions: Jenjang Strata Satu > Sistem Informasi (Information System)
Depositing User: Mr. Andi Setyanto
Date Deposited: 08 Mar 2021 06:43
Last Modified: 08 Mar 2021 06:43
URI: http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/9160

Actions (login required)

View Item View Item