PENGENALAN BAGIAN KENDARAAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODE OBJECT RECOGNITION BERBASIS ANDROID

Putra, Adetiya Burhasan - 195410244 (2020) PENGENALAN BAGIAN KENDARAAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODE OBJECT RECOGNITION BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, STMIK AKAKOM YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1_195410244_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_195410244_BAB_I.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_195410244_BAB_II.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img] Text
4_195410244_BAB_III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
5_195410244_BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
6_195410244_BAB_V.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7_195410244_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8_195410244_CARA MENJALANKAN PROGRAM.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img] Text
9_195410244_LISTING_PROGRAM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)

Abstract

Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Salah satu metode baru Augmented Reality (AR) yang sedang berkembang adalah metode object recognition. Metode ini memungkinkan pengguna untuk dapat mendeteksi dan melacak objek fisik nyata 3D dengan bentuk yang sedikit kompleks seperti mainan (action figure atau kendaraan) atau produk konsumen lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi pengenalan kendaraan menggunakan metode marker Object Recognition berdasarkan objek fisik nyata atau riil dengan berberapa bentuk objek mainan yang digunakan yaitu mobil, tank, dan helikopter, menguji kecepatan deteksi berdasarkan jarak dan posisi dari objek tersebut, dan menguji pendeteksian dua buah objek dengan detail yang sama dan ukuran yang berbeda. Dari hasil pembahasan dan pengujian yang dilakukan pada aplikasi tersebut menunjukkan bahwa aplikasi mampu mendeteksi object targets yang digunakan, dan dapat ditarik kesimpulan dimana jarak, sudut atau posisi, dan pencahayaan saat pendeteksian object targets serta seberapa baik kualitas Object Data File (*.OD) dari hasil scanning objek nyata yang digunakan, dapat memengaruhi kecepatan dan kestabilan dari objek virtual 3D yang akan ditampilkan pada smartphone. Kata Kunci: Augmented Reality, Kendaraan, Mainan, Object Data file, Object Recognition, Object Targets

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Pius Dian Widi Anggoro, S.Si., M.Cs
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Kendaraan, Mainan, Object Data file, Object Recognition, Object Targets
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi > Program Aplikasi Android
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence)
Divisions: Jenjang Strata Satu > Teknik Informatika (Informatic Engineering)
Depositing User: Mr. Andi Setyanto
Date Deposited: 14 Jan 2021 04:10
Last Modified: 14 Jan 2021 04:12
URI: http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/9094

Actions (login required)

View Item View Item